Profil Pemain Bola: Raheem Sterling

40

Nama Lengkap : Raheem Shaquille Sterling Tanggal Lahir : 8 Desember 1994 Tempat Lahir : Kingston, Jamaica Tinggi : 1.70 m Posisi Bermain : Gelandang sayap   Raheem Sterling Shaquille adalah seorang pemain sepak bola Inggris yang bermain untuk klub Liga Premier Liverpool dan tim nasional Inggris terutama sebagai pemain sayap. Ia lahir pada 8 Desember 1994 di Kingston, Jamaica. Sterling dibesarkan oleh neneknya di daerah Maverley […]

Nama Lengkap : Raheem Shaquille Sterling
Tanggal Lahir : 8 Desember 1994
Tempat Lahir : Kingston, Jamaica
Tinggi : 1.70 m
Posisi Bermain : Gelandang sayap

 

Xtra Time  - Profil Pemain Bola: Raheem SterlingRaheem Sterling Shaquille adalah seorang pemain sepak bola Inggris yang bermain untuk klub Liga Premier Liverpool dan tim nasional Inggris terutama sebagai pemain sayap. Ia lahir pada 8 Desember 1994 di Kingston, Jamaica.

Sterling dibesarkan oleh neneknya di daerah Maverley dari Kingston, Jamaika. Pada usia lima tahun Sterling hidup dengan ibunya dan beremigrasi ke London, Inggris. Ia bersekolah di Sekolah Tinggi Copland, Wembley, North West London.

Awal Karier Raheem Sterling

Sebelum menandatangani kontrak dengan Liverpool, Sterling memulai karier masa mudanya di Queens Park Rangers pada tahun 2010. Pada musim 2011-2012, Sterling membuat debut Liga Premiernya. November 2012, ia mewakili Inggris U16, U17, U19 dan U21, pada tim nasional untuk pertama kalinya.

Karier Klub Raheem Sterling

Queens Park Rangers

Saat junior, Sterling bermain untuk A.O.Y.FC di Jamaika, Queens Park Rangers. Sterling bergabung dengan akademi di Queens Park Rangers pada usia 10. Setelah itu, ia pindah ke Akademi Liverpool. Pada usia 14, ia tampil di sampul depan surat kabar nasional Jamaika The Gleaner yang melaporkan bahwa ia telah “terpesona dengan sepak bola Inggris dunia dengan bakat luar biasanya“.

Liverpool

Pada Februari 2010, Rafael Benitez mendatangi Sterling,  untuk biaya awal sebesar £ 600.000, yang bisa meningkat menjadi £ 5.000.000 tergantung pada penampilannya. Pada 1 Agustus 2010, Sterling membuat penampilan pertamanya untuk tim di pra-musim persahabatan melawan Borussia Mönchengladbach di Jerman.

Dalam pertandingan persahabatan melawan Hibernian, Sterling mencetak gol pertamanya untuk tim muda Liverpool dengan hasil imbang 2-2, ia datang dari bangku cadangan dan mencetak pada menit akhir. Pada 28 Agustus 2010, kemenangan pertamanya di kandang Bristol City dengan skor akhir 3-0. Pada 15 Desember, Sterling mencetak gol pertama di FA Pemuda Cup untuk tim muda Liverpool dalam kemenangan 4-0 atas Notts County. Pada 14 Februari 2011, saat melawan Southend United di FA Youth Cup, Sterling mencetak lima gol untuk tim muda Liverpool dalam kemenangan 9-0.

Pada 24 March 2012, saat usianya 17 tahun 107 hari, Sterling memainkan partai debutnya untuk tim utama saat melawan Wigan Athletic, namun mengalami kekalahan dengan skor 1 – 2. Hal tersebut menjadikannya pemain termuda ketiga yang pernah bermain untuk Liverpool.

Pada Agustus 2012, Sterling menggantikan Joe Cole dan membuat debut pada kompetisi Piala Eropa, yang datang sebagai pengganti menit 23 dalam pertandingan Liga kualifikasi Europa UEFA melawan Gomel, ia pun membawa kemenangan 1-0. Pada minggu berikutnya, saat pertandingan persahabatan melawan Bayer Leverkusen, ia mencetak gol briliant pertamanya untuk tim senior pada babak pertama. Pada 23 Agustus 2012, ia memulai pertandingan pertamanya untuk Liverpool di kulaifikasi Liga Europa pertandingan tandang ke Harts dalam kemenangan 1-0. Saat melawan Manchester City di Anfield, ia diturunkan sejak awal dan membawa hasil imbang 2-2. Pada 2 September, ia bermain 90 menit penuh dalam kekalahan bagi Arsenal, dan pada 15 September imbang dengan Sunderland, dimana saat itu ia memberikan satu assist dan menjadi man of the match. Pada 19 September, Sterling adalah salah satu remaja yang melakukan perjalanan ke Swiss bermain melawan Young Boys dalam pertandingan grup Liga Europa, ia menggantikan Stewart Downing di babak kedua saat Liverpool menang 5-3. Saat melawan Reading pada 20 Oktober, ia mencetak gol kompetitif senior pertamanya untuk Liverpool di menit ke-29 dalam kemenangan liga 1-0. Hal tersebut membuatnya menggantikan Michael Owen menjadi pemain kedua termuda yang pernah mencetak gol di fixture kompetitif untuk Liverpool.

Karier Internasional Raheem Sterling

Sterling masih memenuhi syarat bermain untuk timnas Jamaika, negara kelahirannya. Ia telah mewakili timnas Inggris U-16, U-17, U-19 dan U-21. Berbicara tentang kemungkinan bermain untuk Jamaika, Sterling mengatakan: “ketika nanti datang keputusan itu, yaitu ketika saya akan memutuskan tetapi jika Jamaika memanggil saya, mengapa tidak?”

Pada Piala Dunia u-17 2011, Sterling dipilih bermain untuk Inggris. Saat laga pembukaan Inggris melawan Rwanda di Pachuca, ia mencetak gol jarak jauh dalam kemenangan 2-0. Saat melawan Argentina, ia juga mencetak gol di babak kedua dalam permainan di mana Inggris menang 4-2 melalui adu penalti.

Pada 10 September 2012, untuk pertama kalinya Sterling dipanggil ke skuad Inggris senior dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Ukraina namun belum dimainkan. Pada awal Oktober ia dipanggil untuk pertama kalinya ke skuad U-21 dan pada 16 Oktober ia melakukan debut sebagai pengganti saat pertandingan melawan Serbia. Pada 14 November 2012, ia membuat debut seniornya untuk Inggris di pertandingan persahabatan melawan Swedia.