Sepakbola Aneh: Piala Dunia Terali Besi

1

Apa jadinya jika kamu memiliki sebuah penjara dengan populasi 1.000 orang tahanan, dan kewarganegaraan mereka mewakili sejumlah negara di dunia? Entah ide siapa, jadilah Piala Dunia Terali Besi di Penjara Utama Klong Prem di Bangkok, ibukota Thailand. Acara ini sudah diadakan ketiga kalinya. PErtama tahun 2002, lalu 2006, dan kemudian 2010. Persis menyerupai hajatan aslinya. […]

Sepakbola Aneh: Piala Dunia Terali Besi - berita Xtra Time

Apa jadinya jika kamu memiliki sebuah penjara dengan populasi 1.000 orang tahanan, dan kewarganegaraan mereka mewakili sejumlah negara di dunia? Entah ide siapa, jadilah Piala Dunia Terali Besi di Penjara Utama Klong Prem di Bangkok, ibukota Thailand.

Acara ini sudah diadakan ketiga kalinya. PErtama tahun 2002, lalu 2006, dan kemudian 2010. Persis menyerupai hajatan aslinya.

Sepakbola Aneh: Piala Dunia Terali Besi - berita Xtra Time

Para tahanan itu membentuk kelompok-kelompok terpisah, tak mesti kewarganegaraan mereka sendiri, terserah mau bergabung ke tim negara apa, lalu bertanding satu sama lain, memperebutkan sebuah trofi yang bentuknya mirip Piala Dunia.

Untuk tahun 2010, sebanyak 190 tahanan warga Thailand dan sejumlah tahanan warga negara asing memperebutkan piala itu. Mereka membentuk tim-tim negara peserta yang sama seperti Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Setiap tim terdiri dari 7 orang. Peristiwa ini terjadi mendahului Piala Dunia sesungguhnya di tahun 2010.

Sepakbola Aneh: Piala Dunia Terali Besi - berita Xtra Time

Partai pertama adalah antara Afrika Selatan vs Meksiko, yang berakhir 1-1. Penonton yang terdiri dari pegawai penjara dan para tahanan menonton dengan antusias dari pinngir lapangan yang becek akibat hujan malam sebelumnya. Mereka berteriak, membunyikan lonceng sapi, semua di bawah tatapan awas para penjaga penjara.

Sebuah program TV dengan nama serupa, Football Behind Bars, pernah dibikin di Inggris tahun 2009, melibatkan penghuni sebuah penjara remaja di Portland, Inggris.