Shield F1 Segera Diujicoba di Inggris

  • Shield atau kaca pelindung bagi pembalap F1, akan diujicoba lebih cepat dari jadwal, yakni sebelum balapan di Silverstone, Inggris, Juli.

Shield - Aeroscreen

Berita F1 –┬áKonsep baru perlindungan ‘Shield’ bagi para pembalap F1 akan diujicoba lebih awal dari perkiraan.

Sebelumnya dilaporkan bahwa FIA akan mulai menguji konsep baru perlindungan kepala itu pada mobil F1 saat latihan bebas di GP Monza Italia dan GP Singapura, pada bulan September 2017.

Namun, sekarang telah muncul kabar bahwa perangkat terpadu yang melindungi kokpit secara transparan itu sekarang akan diuji untuk pertama kalinya di sirkuit Silverstone, pada sesi latihan menjelang Grand Prix Inggris bulan Juli 2017.

Mobil pertama yang akan dipasangi Shield adalah mobil F1 Ferrari, dengan tim lain mengikuti pada bulan September.

“Ada banyak tanda tanya atasnya,” kata Andy Green dari Force India. “Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam kerangka waktu yang telah diberikan pada kami.”

Paul Monaghan dari Red Bull setuju: “Kami akan [memiliki jadwal] sangat ketat untuk memasukkan ini ke mobil pada 2018.”

Berita tersebut menyusul sebuah pertemuan baru-baru ini antara tim dan FIA.

Sebelum ini sudah muncul berita bahwa pengenalan proteksi kepala di kokpit pada ajang Formula 1 mungkin perlu menunggu hingga 2018. Hal itu dilansir oleh Auto Motor und Sport Jerman.

Itu terlepas dari kenyataan bahwa direktur balap F1 Charlie Whiting mengatakan di Sochi Rusia pada bulan Mei bahwa tenggat waktu 1 Juli telah ditetapkan untuk pengenalan perangkat “halo” atau “aeroscreen” untuk musim depan.

“Tidak masuk akal jika kita tidak memiliki peta yang jelas pada saat itu,” katanya.

Kedua konsep tersebut telah diuji secara ekstensif, dan Komisi F1 akan segera diminta untuk membuat keputusan soal pilihan di antara keduanya.

Tapi Auto Motor und Sport melaporkan bahwa pada kenyataannya, segala sesuatunya sekarang sudah terlambat bagi Komisi F1 untuk memberlakukan peraturan tersebut untuk tahun 2017, kecuali jika ada kesepakatan bulat di antara tim-tim F1.

Kebulatan suara tidak mungkin karena Bernie Ecclestone telah menyatakan ketidaksetujuannya dan Mercedes dan Ferrari, pendukung konsep halo, khawatir Red Bull mendapatkan keuntungan aerodinamis dengan mengembangkan aeroscreen.