Cristiano Ronaldo: Portugal Bukan Favorit di Piala Dunia 2018

Cristiano Ronaldo, bintang Timnas Portugal.
Cristiano Ronaldo, bintang Timnas Portugal.

Cristiano Ronaldo tidak percaya Portugal adalah salah satu favorit untuk memenangkan Piala Dunia di Rusia, dengan Brasil dan Spanyol malah menjadi favorit untuk merebut trofi menurut bintang Real Madrid tersebut.

Portugal akan menghadapi Spanyol di laga pembuka Piala Dunia pada 15 Juni sebelum menghadapi Maroko dan Iran dalam pertandingan Grup B.

Derby Iberia berjanji untuk menjadi salah satu pertandingan besar penyisihan grup, namun Ronaldo berpikir Spanyol memiliki peluang lebih baik untuk memenangkan Piala Dunia daripada Portugal.

“Kami bukan favorit,” kata Ronaldo kepada Desimpedidos. “Kami harus jujur ​​dan rendah hati dan mengerti bahwa, secara teoritis, ada tim dengan nama kuat, seperti Brasil, Spanyol, Jerman, dan Argentina.

Advertisement

“Kami bukan favorit tapi segalanya bisa terjadi di sepakbola. Kami akan mencoba lolos dari penyisihan grup, setelah itu kami tidak tahu.”

Ronaldo harus menyaksikan Portugal memenangkan trofi Euro 2016 dari bangku cadangan setelah cedera dalam kemenangan terakhir melawan tuan rumah Prancis, dan Eder menjadi pahlawan bagi timnas Portugal usai berhasil mencetak gol di babak tambahan.

“Saya memiliki tujuan untuk menjadi seorang profesional dan bermain untuk tim nasional Portugal,” kata pemain berusia 33 tahun itu.

“Pada saat itu, ada pemain yang menonjol di tim nasional, seperti Rui Costa, Fernando Couto, [Luis] Figo, saya selalu melihat ke arah mereka, saya harus bermain di samping mereka.”

“Deco juga, tapi dia datang setelah itu. Saya memasuki tim nasional pada waktu yang sama dengan Deco.”

Portugal belum pernah memenangkan Piala Dunia namun pemenang Ballon d’Or lima kali itu tidak merasa perlu tampil di turnamen untuk menyelesaikan karir yang luar biasa.

“Jujur saja, saya tidak berpikir begitu,” kata Ronaldo saat ditanya apakah dia memiliki lebih banyak gol. “Saya mencapai semua yang saya impikan dalam sepakbola.”

“Kita semua bisa memiliki impian dan tujuan tapi saya mencapai begitu banyak hal indah sehingga saya tidak memiliki impian lagi.”

“Jika Anda bertanya kepada saya apakah saya ingin memenangkan Piala Dunia … tentu saja. Tapi jika saya harus mengakhiri karir saya sekarang, saya akan sangat bangga, saya tidak pernah berpikir bahwa karir saya akan begitu indah.”