Gianluigi Buffon Diharapkan Bersedia Bela Italia Lagi

Gianluigi Buffon ternyata masih diharapkan oleh Timnas Italia.
Gianluigi Buffon ternyata masih diharapkan oleh Timnas Italia.

Pelatih tim nasional Italia sementara Luigi Di Biagio berharap Gianluigi Buffon mau terus membela Gli Azzurri di dua pertandingan persahabatan.

Italia akan bersua Argentina dan Inggris untuk dua laga persahabatan jelang Piala Dunia 2018 pada bulan depan.

Buffon sendiri telah menyatakan gantung sepatu membela negaranya, bersama dengan Andrea Barzagli, Giorgio Chiellini dan Daniele De Rossi setelah disingkirkan Swedia di babak playoff Piala Dunia.

Luigi Di Biagio yakin Barzagli dan De Rossi tidak akan mengubah pendiriannya, namun ia berharap Buffon dan Chiellini mau membatalkan keputusannya untuk pensiun.

“Saya sudah melakukan beberapa pertemuan dengan para veteran [timnas] sebab saya yakin sebagian dari mereka ingin berhenti,” tutur Di Biagio pada konferensi pers di awal pemusatan latihan.

Advertisement

“Saya sudah berbicara dengan Buffon untuk mencari tahu apakah ia ingin kembali membela timnas. Rasanya tidak adil jika pertandingan terakhirnya harus seperti di laga kontra Swedia.”

“Saya memberikan penawaran untuk kembali melakoni satu, dua atau tiga pertandingan. Gigi mungkin akan berada [sesi latihan timnas] pada Maret nanti.”

“Saya pun sudah berbicara dengan para pemain lainnya, tanpa harus menjelaskan secara detail apa yang dibincangkan. Barzagli dan De Rossi tidak akan kembali masuk. Chellini iya. Kami ingin membangkitkan kembali semangat timnas.”

Saat ini nama-nama seperti Gianlugi Donnarumma, Mattia Perin dan Alex Meret diyakini akan menjadi palang pintu Gli Azzurri di masa mendatang dan Luigi Di Biagio siap memberikan kepercayaan andai Gianluigi Buffon menolak kembali.

“Kami baik-baik saja dengan para penjaga gawang yang akan Anda lihat selama 20 tahun mendatang ini. Ketika Buffon benar-benar menyatakan pensiun, kami masih memiliki kiper-kiper cadangan,” tambah Di Biagio.

“[Hanya saja] cerita Gigi tidak perlu berakhir seperti pertandingan kontra Swedia kemarin.”

Nama Mario Balotelli gagal masuk ke skuad Gian Piero Ventura karena bekas pelatih timnas Italia itu tidak percaya striker Nice ini sudah stabil dalam hal mencetak gol dan emosi di atas lapangan.

Sedangkan Luigi Di Biagio mau membuka kesempatan bagi semua pesepakbola, termasuk Balotelli. “Saya mengikuti perkembangan Balotelli secara dekat. Ketika waktu pemanggilan tiba, kami akan menilai apakah akan memasukkan nama Balotelli atau tidak,” janjinya.

“Kami belum membuat satu pun keputusan. Saat ini kami berada dalam situasi sulit dan tidak banyak pilihan, tapi kami harus menciptakan rasa antusiasme yang tepat setelah kekecewaan gagal masuk ke putaran final Piala Dunia.”