Manuel Neuer Optimis Bisa Bela Jerman

Kiper Manuel Neuer yakin bisa perkuat Jerman di Piala Dunia 2018.
Kiper Manuel Neuer yakin bisa perkuat Jerman di Piala Dunia 2018.

Manuel Neuer yakin dirinya akan tetap bisa membela tim nasional Jerman di bawah mistar gawang pada Piala Dunia 2018 nanti.

Saat ini kapten Der Mannschaft itu sedang dalam masa pemulihan pasca naik ke meja operasi pada September 2017 silam.

Ia mengalami retak tulang metatarsal di kaki kiri untuk kedua kalinya tahun ini, tidak lama setelah kembali berlatih penuh pasca dinyatakan sehat.

Neuer sendiri awalnya menderita retak tulang telapak kaki itu di pertemuan kedua babak perempat final Liga Champions melawan Real Madrid pada April 2017 silam.

Namun kini pesepak bola berusia 31 tahun itu optimis bisa membantu pelatih Joachim Low untuk membawa Jerman mempertahankan gelar juara Piala Dunia di Rusia nanti.

Advertisement

“Menurut pendapat saya, tidak ada yang bisa menghalangi keikutsertaan saya di Piala Dunia,” ujar Manuel Neuer pada situs DFB.

“Akan baik jika saya bisa mengucapkan selamat tinggal kepada dua teman saya (alat bantu berjalan) sebelum Natal. Itu akan menjadi kado terbaik.”

“(Tapi) cedera tambahan pada tulang (telapak kaki yang cedera) tidak akan optimal. Jadi Anda harus sangat berhati-hati. Anda tidak boleh membuat kesalahan kembali.”

Pelatih Bayern Munchen Jupp Heynckes sendiri tidak ingin terburu-buru mengajak Manuel Neuer berlatih meski sang penjaga gawang membutuhkan sesi latihan agar bisa kembali bugar demi Der Bayern dan juga timnas Jerman.

Baginya yang terpenting adalah sang pemain bisa sembuh tepat waktu dan mendapatkan lampu hijau dari tim medis sebelum kembali merumput.

“Saya selalu melindungi para pemain. Dengan saya, tidak ada pemain yang mulai (berlatih dan bermain) kembali sampai sepenuhnya sehat,” ujar pelatih tertua di Eropa saat ini itu, November silam.