Piala Dunia 2018: Serbia Paling Jangkung, Arab Saudi Paling Pendek

Lionel Messi termasuk pendek untuk ukuran pemain bola, hanya 170 cm, bandingkanlah dengan Zlatan Ibrahimovic yang mencapai 195 cm.
Lionel Messi termasuk pendek untuk ukuran pemain bola, hanya 170 cm, bandingkanlah dengan Zlatan Ibrahimovic yang mencapai 195 cm.

Gilabola.com – Dari semua tim di Piala Dunia 2018, rekor rata-rata pemain terjangkung dipegang Serbia, sementara Arab Saudi pendek-pendek. Tapi di manakah posisi Jerman, Brasil, Portugal, Perancis, Belgia, Inggris, dan Argentina?

CIES Football Observatory baru saja merilis data rata-rata tinggi badan dan umur dari para pemain peserta Piala Dunia 2018. Menarik untuk mengamati sejumlah hal sebagai berikut.

  • Serbia memiliki skuad dengan rata-rata tinggi badan 185,6 centimeter. Mereka ada tim dengan tinggi badan terjangkung di kompetisi ini. Tidak mengherankan jika akhirnya permainan bola-bola panjang dari belakang ke depan atau dari sayap ke depan gawang menjadi gaya permainan tim ini.
  • Urutuan kedua sampai kelima dengan jarak tak jauh beda ditempati oleh Swedia, Denmark, Islandia dan Kroasia. Mereka memiliki tinggi badan di kisaran 185 cm pas.
  • Untuk kelompok pendek, paling bawah adalah para pemain Arab Saudi. Rata-rata hanya 176,2 centimeter. Jadi tidaklah mengherankan jika mereka akan mengadopsi cara bermain seperti Argentina dan Barcelona, bermain pendek-pendek dengan mengutamakan penguasaan bola.
  • Deretan pemain pendek lainnya adalah (ya Anda sudah tahu) Argentina, Spanyol, Meksiko, dan Uruguay. Mereka adalah tim yang dikenal dengan ciri permainan serupa: bergerak dalam komposisi berlian, tiga-empat pemain sekaligus, menghindari bola-bola panjang atau umpan silang lambung karena akan kehilangan boa secara percuma.
  • Di antara kubu ekstrim pendek dan jangkung terdapat sisa tim lainnya. Silakan disimak dari grafis yang dibikin oleh AFP di bawah ini.

Topik lanjutan adalah soal usia. Ini menentukan seberapa lama sebuah tim bisa bermain “gegenpressing” ala bos LIverpool, Jurgen Klopp. Jika isi skuadnya 30-an tahun sudah pasti tak tahan main menekan terus menerus selama 90 menit. Paling muda adalah Nigeria, tim kejutan asal Afrika, dengan rata-rata usia 24,9 tahun. Paling uzur? Panama, juga tim kejutan lain, dengan 29,4 tahun.

Termuda kedua adalah Jerman! Tak mengejutkan jika mereka menjadi salah satu favorit juara di Rusia. Ketiga dan keempat termuda adalah Inggris (mungkin menjadi muda dengan mencoret nama Joe Hart) dan Denmark.

Advertisement

Tertua kedua adalah Islandia. Jadi tua-tua tapi jangkung-jangkung adalah kombinasi yang dimiliki tim terpencil di sisi utara benua itu. Ketiga dan keempat adalah Kosta Rica dan Uruguay. Albiceleste dengan Lionel Messi yang berusia 30 tahun merupakan tim kelima paling uzur pada hajatan sepak bola di Rusia ini. Di kisaran 28,3 atau 28,4 tahun. Mungkin itu sebabnya PSSI-nya Argentina lebih sibuk membuat panduan bagaimana cara meniduri gadis-gadis Rusia!

Favorit-favorit juara lainnya:

  • Perancis, tidak terlalu jangkung, berkisar 180,5 cm, dengan umur rata-rata 26,4 tahun;
  • Spanyol pas 28 tahun, tinggi badan rata-rata 179,5 cm, lebih pendek dari tim Ayam Jantan;
  • Portugal sedikit lebih beruntung, memiliki skuad rata-rata 27,5 tahun dan tinggi badan 180,5 cm. Mungkin Cristiano Ronaldo jinjit waktu diukur tinggi badannya.
  • Brasil mirip Portugal. Lebih pendek dikit dan sedikit lebih tua.
  • Mesir? Mohamed Salah dan kawan-kawan berada di kisaran 180 cm dan umur rata-rata 27 tahun;
  • Belgia lumayan tinggi, hampir 184 cm dan usia rata-rata 27 tahun.