Striker Everton Asal Nigeria Terancam Absen di Piala Dunia 2018

Pemain sepakbola Everton yang dipinjamkan ke Anderlecht, Henry Onyekuru, terancam absen membela Nigeria dari ajang Piala Dunia 2018 usai cedera serius yang ia alami.
Pemain sepakbola Everton yang dipinjamkan ke Anderlecht, Henry Onyekuru, terancam absen membela Nigeria dari ajang Piala Dunia 2018 usai cedera serius yang ia alami.

Gilabola.com – Striker Everton asal Nigeria, Henry Onyekuru, terancam akan menonton Piala Dunia 2018 di Rusia melalui televisi setelah absen selama sisa musim ini akibat cedera lutut serius.

Henry Onyekuru yang menandatangani kontrak dengan Everton di musim panas dan langsung dipinjamkan ke klub asal Belgia, Anderlecht, mengalami cedera saat melawan mantan klubnya Eupen FC pada 22 Desember.

Hasil pemeriksaan dokter yang terbaru menunjukkan bahwa cedera yang dideritanya lebih serius dari perkiraan sebelumnya.

“Dia mungkin akan menepi selama enam bulan,” kata pelatih Anderlecht, Hein Vanhaezebrouck kepada wartawan.

Advertisement

Ini adalah pukulan berat bagi pemain berusia 20 tahun itu, yang telah bermain di 19 pertandingan liga dan tampil dalam empat pertandingan Liga Champions untuk Anderlecht.

Dia diberi kesempatan bermain dalam pertandingan kualifikasi terakhir Nigeria melawan Aljazair yang berakhir imbang 1-1 pada bulan November saat dia dimainkan pada babak kedua.

Belum diputuskan lokasi tempat pemain muda tersebut akan menjalani  rehabilitasi cederanya, kemungkinan ia akan pulang kampung terlebih dahulu.

Pada tahun 2010, John Obi Mikel dari Chelsea masuk dalam daftar skuad timnas Nigeria di Piala Dunia, namun akhirnya digantikan oleh Brown Ideye setelah pemain tengah tersebut memperparah cedera lututnya saat berlatih bersama dengan tim nasional.

Bek kiri Elderson Echiejile juga terpaksa melewatkan Piala Dunia 2014 karena mengalami cedera otot dalam pertandingan terakhir Nigeria melawan Yunani dan ia digantikan oleh Ejike Uzoenyi.

Onyekuru memulai karir sepakbolanya dengan Akademi Aspire di tahun 2010 lalu bergabung dengan klub mitra mereka, K.A.S. Eupen pada tahun 2015.

Dia melakukan debut untuk Eupen pada 5 September 2015 dalam pertandingan 2-2 melawan K.F.C. Dessel Sport di divisi kedua liga Belgia (First Division B).

Onyekuru membantu tim tersebut promosi ke divisi satu liga Belgia, Liga Pro Jupiler pada musim debutnya, dan melakukan debut profesionalnya dalam kekalahan 3-0 pada 30 Juli 2016 melawan S.V. Zulte Waregem.