Eks Pelatih Klub Inggris Segera Latih Deportivo Alaves

Setelah memecat Luis Zubeldia hanya beberapa jam setelah kekalahan 0-3 dari Villarreal, Minggu (17/9), Deportivo Alavés dikabarkan akan merekrut mantan pelatih Middlesbrough yang dipecat musim lalu, Aitor Karanka.

Alaves menilai Zubeldía punya kinerja buruk di musim ini, karena timnya selalu gagal mencetak gol dalam empat pertandingan perdana musim ini. Alaves yang menutup musim lalu di peringkat sembilan itu, bahkan sudah kalah empat kali berturut-turut.

Zubeldia semua bersikeras bisa pertahankan posisinya di Alaves, setelah masa depan pelatih asal Argentina itu diragukan di musim ini. Dia merasa baru saja perpanjang kontraknya dan ingin lakukan yang terbaik untuk Alaves.

Namun, Alaves akhirnya memecat Zubeldia saat liga baru berjalan empat pertandingan. Dalam sebuah pernyataan resminya, Alaves mengatakan Javier Cabello – mantan manajer Cultural Leonesa – akan mengambil alih posisi pelatih di klub itu untuk sementara waktu.

Alaves juga berkali-kali mengucapkan terima kasih kepada Zubeldia ‘atas kerja kerasnya selama berada di klub itu dan ucapkan semoga sukses di masa depan’.

Advertisement

Kini, klub Vitorian itu memiliki daftar panjang pengganti Zubeldia, walau sudah menunjuk manajer sementara. Salah satu kandidatnya, adalah mantan asisten pelatih Real Madrid berusia 44 tahun, Aitor Karanka.

Pelatih asal Spanyol itu dipecat di Middlesbrough musim lalu, namun ia punya pengetahuan dan pengalaman segudang di LaLiga. Karanka juga mantan pemain Alavés, saat ia masih kanak-kanak dan habiskan masa 14 tahun bermain di Spanyol, sebelum akhirnya membantu Jose Mourinho selama tiga tahun sebagai asisten pelatih di Real Madrid.

Apalagi, selain jadi pelatih Middlesbrough dan asisten di Real Madrid, Karanka juga pernah mengasuh Timnas Spanyol U-16 di era 2008 – 2010 silam.