Hasil Persebaya Surabaya vs Mitra Kukar Skor Akhir 4-1

David da Silva merayakan hattricknya pada laga Persebaya Surabaya vs Mitra Kukar, Sabtu malam
David da Silva merayakan hattricknya pada laga Persebaya Surabaya vs Mitra Kukar, Sabtu malam

Berita Bola – Hasil Persebaya Surabaya vs Mitra Kukar dalam laga Liga 1 Indonesia di Gelora Bung Tomo, Sabtu (22/09), ditutup dengan skor akhir 4-1. David da Silva hattrick dan merebut posisi top skor!

Kedua tim sama-sama menginginkan kemenangan untuk menjauh dari zona degradasi, terutama Bajul Ijo. Mereka harus memanfaatkan tren negatif yang selalu diderita Mitra Kukar setiap kali pergi tandang. Sebelum laga dimulai, Persebaya duduk di posisi 14 dengan 26 poin, sedangkan Kukar di ranking 11 dengan 29 poin pada klasemen Liga 1 Indonesia.

Klasemen Liga 1 sebelum laga
Jika meraih tiga poin maka Persebaya Surabaya akan menyamai jumlah skor Mitra Kukar di posisi 11 klasemen Liga 1 Indonesia

Jalannya Pertandingan Persebaya Surabaya vs Mitra Kukar

Priit! Pertandingan di Gelora Bung Tomo sudah dimulai. Seperti biasanya suara bonek Bajul Ijo terdengar menakutkan di seantero stadion. Tuan rumah turun dengan seragam kebanggaan mereka, hijau-hijau, sementara tim tamu putih-putih dengan aksen hitam dan merah.

Menit 2 Irfan Jaya memulai dengan satu serangan tapi sama sekali tak berbahaya. Bola melenceng ke sisi kanan gawang lawan. Beberapa detik kemudian terjadi serangan dari sisi kanan kotak, tapi tendagan on target itu malah melejut terkena tubuh Irfan Jaya. Gagal. Belum ada gol.

Dua pemain yang jadi pusat perhatian malam ini adalah Fernando Rodriguez Ortega (Mitra Kukar) dan David da Silva (Persebaya). Keduanya mengisi puncak top skor dengan 15 dan 13 gol.

Menit 6 dua serangan beruntun dalam selisih beberapa detik, yang pertama hanya berupa umpan ke depan gawang, terpantulkan ke Irfan Jaya yang menembak on target, tapi berhasil diblok kiper kiper Kukar. Beberapa detik kemudian sebuah free-kick ditanduk oleh David Maulana, tapi meleset ke sisi kiri gawang Bajul Ijo. Selamatlah gawang tuan rumah.

BACA :  Sriwijaya FC Jadi Ujian Bangkitnya PSIS Semarang

Sudah beberapa menit berlalu tanpa serangan berarti. Tempo permainan sudah menurun setelah laga berkecepatan tinggi selama menit-menit awal. Menit 16 justru sebuah umpan terobosan didapatkan David Maulana. Ia menembak langsung tapi hanya menerpa jala sisi gawang.

Menit 20 Osvaldo Haay menerobos melalui sisi kiri kotak. Ini merupakan kali kedua ia melakukannya dan keduanya sama saja. Telat mengirim umpan silang sebelum akhirnya kehilangan momentum dan dihukum oleh garis akhir. Menit 23 Irfan Jaya kembali melepaskan tembakan, tapi kali ini hanya melesat di atas mistar gawang.

Menit 25 kembali satu peluang emas oleh Bajul Ijo. Irfan Jaya mengirim umpan tumit ke Rendi Irwan tapi bola gagal dikendalikan dan dibuang. Selang beberapa detik kemudian satu serangan kembali dilepaskan tapi sundulan satu pemain Persebaya hanya melayang di atas mistar.

Di tengah serangkaian serangan tuan rumah, Bayu Pradana (Mitra Kukar) melepaskan tendangan langsung jarak jauh ke gawang, tapi sayang meleset dari gawang Miswar Saputra.

Gol Gampang David da Silva! 1-0!

Bola mudah diterima oleh David da Silva di depan gawang Kukar. Setelah satu kekacauan bola mental ke sana dan ke mari sebelum jatuh ke depan da Silva di sisi kanan kotak, dan ia mengirim ke bagian tengah gawang. GOL! 1-0! Yoo Jae Hoon tak berkutik. Total jumlah gol da Silva musim ini kini mencapai 14 gol.

Gol Pertama David da Silva, Persebaya
Adegan sesaat sebelum David da Silva di sisi kanan kotak penalti melepaskan tembakan ke gawang Mitra Kukar. Persebaya unggul 1-0

Satu free-kicik oleh tim putih berhasil dieksekusi secara baik. Bola memantul di depan gawang namun berhasil diselamatkan dengan mudah oleh kiper Miswar.

Penalti Untuk Persebaya! Gol Oleh David da Silva

Menit 38 satu penalti diberikan kepada tuan rumah setelah Rendi Irwan, yang baru saja memperoleh umpan tarik dari da Silva, didorong oleh Rendy Siregar. David da Silva maju sebagai eksekutor, berlari perlahan dan mengecoh kiper Kukar. GOL! 2-0! Tiga-empat pemain tim tamu segera mempermasalahkan cara DDS mengeksekusi penalti, tapi sebenarnya itu sah karena dia tak berhenti sama sekali saat mengambil ancang-ancang.

BACA :  Hasil Arsenal vs Leicester City Skor 3-1 Mesut Ozil Cetak Gol!
Penalti Persebaya
Adegan ketika Randi Irwan didorong oleh Randy Siregar di dalam kotak penalti, yang berujung tendangan penalti dan gol oleh David da Silva

Menit 42 satu tendangan bebas oleh Mitra Kukar sedikit di depan kotak penalti tuan rumah, tapi tendangan Bayu Pradana berhasil diblok David da Silva, yang malam ini koleksi golnya sudah mencapai 15 gol, sama banyak dengan Fernando Rodriguez. Beberapa detik setelahnya Rendi Irwan menerima umpan pendek dari DDS, tapi tembakannya pas ke arah kiper Yoo Jae Hoon.

Gol Ketiga! Persebaya Surabaya vs Mitra Kukar 3-0!

Bajul Ijo mencetak gol ketiga! Umpan balik yang ceroboh dari Bayu Pradana berhasil dicuri oleh Rendi Irwan sebelum diumpankan pendek ke Misbakus. Bola berhasil dibaca kiper Yoo Jae Hoon, tapi bola melesat di bawah tubuhnya. GOL! 3-0!

Gol, Misbakus, Persebaya
Adegan sedetik sebelum Misbakus menembak ke tiang dekat yang menjadi gol ketiga Persebaya saat menjamu Mitra Kukar, Sabtu malam

Insiden Fandry Umbiri vs Bayu Pradana!

Satu akting drama dari Bayu Pradana berhasil membuat Fandry Umbiri diusir keluar. Satu pertikaian mulut antara keduanya di depan gawang Bajul Ijo, Fandry menyentuh leher Bayu dan sang pemain membanting dirinya ke atas lapangan. Aksi drama yang tidak perlu dan memalukan untuk pemain sekelas Bayu. Tapi kartu merah sudah terlanjur dikibaskan wasit, sementara Bayu mendapat kartu kuning.

Gol! Hendra Bayauw! 3-1!

Menit 55 dari hasil tendangan bebas, bola liar mengalir ke luar kotak penalti disambar pada kesempatan pertama oleh Hendra Bayauw. Gol! 3-1! Ada harapan untuk tim tamu.

BACA :  Hasil Everton vs Crystal Palace Skor Akhir 2-0
Gol Hendra Bayauw, Mitra Kukar
Sepesekian detik sebelum gol membobol gawang Persebaya, Sabtu malam, hasil tendangan voli pemain Mitra Kukar Hendra Bayauw

Gol Keempat! 4-1!

David da Silva membalaskan bagi Persebaya dengan satu gol lagi. Hattrick! Gol ini berawal dari tendangan gawang kiper tuan rumah yang gagal dicegat satu pun pemain Mitra Kukar. Bola berhasil dijemput oleh da Silva, yang membawa bola mendekati gawang, mengecoh satu pemain sebelum menembak dari sudut sempit. GOL! 4-1! DDS kini menjadi top skor Liga 1 Indonesia. Assist tadi oleh kiper Miswar Saputra. Jarang-jarang ada gol dengan assist langsung dari kiper.

Gol Keempat Persebaya, David Da Silva
David Da Silva berhasil melewati kiper dan menembak ke gawang yang kosong, menjadi gol keempat Persebaya, Sabtu malam

Menit 64 DDS mengcover kesalahan yang dilakukan Osvaldo Haay, menembak langsung dari sisi kiri kotak penalti ke gawang dan cukup berbahaya karena langsung ke tengah gawang. Beruntung posisi Yoo Jae Hoon berhasil menghalangi bola.

Menit 72 satu kerjasama dengan Hendra Bayauw hampir saja memberi umpan mematikan untuk Rodriguez. Sayang berhasil diblokir pemain lawan. Masih 15 menit lagi waktu normal. Menit 82 satu percobaan serangan ke arah Rodriguez gagal membuahkan gol. Bola langsung diamankan kiper Miswar. Semenit kemudian tendangan kalajengking dari David Maulana meleset ke sisi gawang.

Wasit pun akhirnya meniup peluit panjang mengakhiri pertandingan, hasil Persebaya Surabaya vs Mitra Kukar ditutup dengan skor akhir 4-1.

Susunan Pemain Persebaya Surabaya vs Mitra Kukar 

Persebaya : Miswar; Abu Rizal; Fandry Umbiri; Ok John; Ruben Sabadi; Misbakus; Rendi Irwan; M Hidayat; Irfan Jaya; David da Silva; Osvaldo Haay. Cadangan: Alfonsius Kelvan, Andri Muladi, M Irvan, Fandi Eko, Oktafianus Ernando, Rishadi Fauzi, Pahabol.

Mitra Kukar : Yoo Jae Hoon, Mauricio, Saepuloh, Andre, Bayu Pradana, Guthrie, Septian David, Anindito, Fernando Rodriguez, Hendra Bayauw, Rendy Siregar. Cadangan: Gerri Mandagi, Bobby, Wiganda, Dedy, Rifan, Aldino, Doly Ramadhan.