Hasil Persebaya Surabaya vs PSM Makassar, Juku Eja Gagal Menjauh

Hasil Persebaya Surabaya vs PSM Makassar, Juku Eja Gagal Menjauh

Hasil Persebaya Surabaya vs PSM Makassar pada pekan 30 Liga 1 Indonesia di Stadion Bung Tomo, Sabtu malam, usai dengan skor 3-0. Juku Eja gagal menjauh dari kejaran Persib Bandung dan Persija Jakarta.

Dengan sisa empat laga lagi sampai akhir musim, kedua tim tentu saja ingin memenangkan laga ini. PSM Makassar diintai oleh Persib Bandung dan Persija Jakarta, meski keduanya gagal meraih tiga poin pada matchday yang sama. Selisih dua tim Jawa itu dengan PSM Makassar adalah 4 poin di puncak klasemen Liga 1 Indonesia.

Persebaya Surabaya tampil dominan selama babak pertama dan mereka memperoleh imbalannya setelah berhasil mencetak gol pada akhir paruh pertama melalui Ferinando Pahabol. Ada peran serta pemain PSM Makassar pada gol ini. Bola diumpankan oleh Steven Paulle ke depan gawang sendiri sebelum disambar oleh Pahabol. Sebuah gol hasil blunder! Tapi anak-anak Surabaya tidak akan peduli. Gol adalah gol! 1-0!

Babak kedua diwarnai dengan pola serangan yang berbeda. Kali ini Juku Eja tampil lebih agresif, meski jumlah serangan sama saja. Tapi dibandingkan paruh pertama, anak-anak Bajul Ijo lebih menahan diri untuk maju terlalu ke depan.

BACA:  Hasil Arsenal vs Wolverhampton, Dominan Luar Biasa Tapi Draw, Bagaimana Sih

Menit 56 sebenarnya PSM Makassar berhasil menggetarkan jala gawang tapi wasit tidak mengesahkannya karena didahului pelanggaran terhadap pemain tuan rumah. Setelah itu, menit 57 dan 59 dua serangan Persebaya hampir saja menambah gol. Yang pertama berhasil diblokir Zulkifli Syukur, yang kedua tembakan langsung dari Pahabol ditahan oleh kiper Rivky Mokodompit.

Menit 65 adalah peluang terbaik anak-anak Makassar setelah masuk ke dalam kotak penalti, sayang gerakan Ferdinand Sinaga berhasil dibaca oleh kiper Miswar Saputra dan bola berhasil ditahan. Sedikit lagi saja gocekan ke kanan, Ferdinand Sinaga bisa lolos dan berhadapan dengan gawang kosong. Belum berhasil mengubah skor 1-0 untuk keunggulan Persebaya.

Akhirnya masuknya David Da Silva tadi, sekitar menit 60 tadi, berhasil berujung dengan gol. Menerima bola cukup jauh dari kotak penalti, ia sprint kencang ke dalam kotak dan mengirim bola setengah lambung ke sudut kanan gawang yang dijaga Rivky Mokodompit. GOL! 2-0!

PSM Makassar yang terlalu sering maju ke depan tampak memiliki banyak ruang kosong di belakang. Hal ini yang dimanfaatkan oleh David Da Silva untuk mencetak gol kedua Persebaya tadi.

BACA:  Hasil Indonesia vs Timor Leste, Skor 3-1, Bangkit dan Menang!

Memasuki 10 menit terakhir pertandingan, tempo permainan sudah jauh lebih menurun. Bisa dimaklumi karena sepanjang awal paruh kedua pemain kedua kubu bertanding dengan kecepatan tinggi. Masuknya OK John menggantikan kapten Rendi Irwan pada menit 81 mewakili keinginan Jajang Nurjaman untuk memperkuat lini belakang Persebaya. Jangan sampai kemenangan yang sudah di depan mata lenyap begitu saja.

Sekedar mengingatkan bahwa pekan depan PSM Makassar akan menjamu Persija Jakarta dalam sebuah pertandingan yang akan sangat menentukan hasil akhir musim Liga 1 Indonesia ini.

Menit-menit akhir pertandingan, satu serangan Otavio Dutra dari luar kotak hanya membentur mistar dan tiang gawang. Bola muntah disambar oleh Osvaldo Haay, tapi terlalu tinggi! Hampir saja Bajul Ijo mencetak gol ketiganya.

BACA:  Hasil Bola Tadi Malam Selengkapnya

Namun akhirnya pada menit terakhir Ruben Sanadi menanduk bola hasil tendangan bebas rekannya. Bola bersarang di sudut bawah gawang Rivky Mokodompit. GOL! 3-0!

Dengan hasil kemenangan 3-0 ini, Bajul Ijo naik ke urutan 9 klasemen Liga 1 Indonesia, sama poin dengan Persipura yang beberapa jam lalu menang 1-0 atas Bali United, tapi kalah head-to-head. Mutiara Hitam menang 3-1 atas Persebaya sekitar akhir Oktober lalu setelah main 1-1 pada bulan Mei. Sementara itu Juku Eja tertahan di puncak klasemen dengan 53 poin.

Susunan Pemain Persebaya vs PSM

Persebaya Surabaya : Miswar Saputra; Fandry Imbiri, Syaifuddin, Otavio Dutra, Ruben Sanadi; Misbakus Solikin, Fandi Eko Utomo, Rendi Irwan; Oktafianus Fernando, Osvaldo Haay, Ferinando Pahabol. Cadangan: Dimas Galih, Andri Muliardi, OK John, Rachmat Irianto, Abu Rizal, Da Silva, Kayame.

PSM Makassar : Rivky Mokodompit; Fauzan Jamal, Wasyiat Hasbullah, Abdul Rahman, Zulkifli Syukur; Steven Paulle Muhammad Arfan, Rasyid Bakri; Willem Jan Pluim, Muhammad Rahmat; Guy Junior. Cadangan: Syaiful Fadil, Hendra Wijaya, Hasim Kipuw, Saldy, Ardan, Agi Pratama, Ferdinand Sinaga.