Hasil Persija Jakarta vs Persipura Jayapura, Tim Mutiara Hitam Tinggalkan Zona Merah

Hasil Persija Jakarta vs Persipura Jayapura di pekan ke-19 Liga 1 Indonesia yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (11/1), berakhir 1-2.

Gilabola.com –  Persipura berangsur tinggalkan zona merah di pekan ke-19 ini setelah mereka kalahkan tim papan atas, Persija, 1-2.

Kemenangan ini tentunya cukup mengejutkan, karena jarak antara kedua tim yang bak bumi dan langit. Jika Persipura awalnya berada di peringkat 17 dengan hanya mengantongi 14 poin, tim Macan Kemayoran justru berada di posisi enam dengan 28 poin.

Ini menjadi momen pertama bagi Ferinando Pahabol dan kawan-kawan keluar dari zona merah di musim ini, setelah mereka menelan kekalahan demi kekalahan di paruh pertama, hingga semula dianggap sulit untuk tinggalkan zona degradasi.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Namun malam ini, tim asuhan Alfredo Vera tersebut berhasil merambah zona aman, meskipun mereka harus terus bangkit di laga-laga berikutnya, karena hanya terpaut dua poin saja dari Barito Putera yang berada di urutan ke-16.

Dalam laga ini, tekanan demi tekanan berhasil dilakukan Persipura sejak kickoff hingga akhir laga. Mereka mencetak gol pembuka kemenangan lewat aksi Pahabol di menit ke-25 lewat tendangan jarak jauhnya di luar kotak penalti.

Pemain asal Ukraina, Yevhen Bokhashvili, lalu menggandakan skor tersebut di menit 44 lewat kerja sama yang apik antara Gunansar Mandowen dan Fergonzi yang menghasilkan umpan matang bagi Bokhashvili tepat satu menit sebelum jeda.

Sayangnya, gawang Persipura gagal clean sheet setelah Makan Konate akhirnya berhasil menyarangkan bola ke gawang Fitrul di masa injury 90+3 hingga laga dua kali 45 menit berakhir 1-2.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Kedua tim berusaha tampil menekan sejak kickoff, tapi Persipura berhasil mendikte jalannya laga dan lancarkan ancamannya ke gawang Persija.

Upaya mencetak gol dari jarak jauh yang dilakukan Gunansar Mandowen saat laga baru berjalan lima menit, bahkan membuat lini belakang tim Macan Kemayoran kocar-kacir. Beruntung bagi Angelo Alessio, tendangan Mandowen melenceng dari sasaran.

Pemain baru Persija, Makan Konate, lalu berusaha membangun serangan di menit ke-7. Sayangnya umpan yang kemudian coba dimanfaatkan Nico berhasil ditangkap Fitrul dengan baik.

Persipura berikan tekanan besar terhadap gawang Macan Kemayoran di menit 12. Nyaris gawang Persija kebobolan, kalau saja Andritany tak lakukan penyelamatan gemilang di momen ini.

Gawang Persija kembali terancam, kali ini dilakukan Yevhen yang sama sekali tak terkawal para pemain belakang Macan Kemayoran. Namun Andritany kembali berhasil menyelamatkan gawangnya.

Upaya serangan yang berkali-kali dilakukan tim Mutiara Hitam akhirnya membuahkan hasil di menit ke-25 saat sang kapten, Ferinando Pahabol, lancarkan tendangan jarak jauhnya yang tak mampu dibendung Andritany. GGOOLL!! 0-1 Untuk Persipura!

Empat menit kemudian, Nico nyaris membuat Persija menyamakan kedudukan. Namun ia gagal memanfaatkan umpan Riko Simanjuntak dengan baik dan bola dengan sigap diamankan Fitrul terlebih dulu. Persija bahkan gagal memanfaatkan peluang tendangan bebas untuk menyamakan kedudukan di menit 34.

Dua menit kemudian Persipura lakukan serangan balik, dan Pahabol kembali lancarkan aksinya yang nyaris menjebol gawang Andritany, sekali lagi. Beruntung bola berhasil diblokir kiper senior Timnas Indonesia itu.

GGOOLL!! Tepat satu menit sebelum jeda turun minum, Mandowen berhasil membangun serangan ke gawang Persija. Lewat umpannya yang kemudian disundul Fergonzi di depan gawang Andritany, Yevhen berhasil memanfaatkannya untuk menjebol Persija. 0-2 Untuk tim Mutiara Hitam. Hasil Persija Jakarta vs Persipura Jayapura akhirnya ditutup 0-2.

Babak Kedua

Di awal babak kedua, Persipura terus lancarkan tekanannya meskipun sudah unggul 0-2. Namun, tepat lima menit usai jeda, tim Macan Kemayoran justru mendapat peluang lewat sundulan kepala Otavio Dutra. Sayang peluang ini belum tepat sasaran.

Lima menit kemudian, Makan Konate juga berusaha lancarkan ancaman ke gawang Persipura dengan sundulan kepalanya. Namun upaya ini belum berikan ancaman berarti ke gawang Persipura.

Tepat di menit 60, Taufik Hidayat yang bermain menggantikan Marko Simic nyaris memperkecil ketertinggalan Persija. Namun, umpan cantik yang disodorkan Makan Konate hanya membentur tiang gawang Persipura. GAGAL!!

KARTU MERAH!! Di saat Persija membutuhkan para pemainnya, mereka malah kehilangan Dwiki Arya yang dikartu merah wasit setelah menerima kartu kuning kedua atas pelanggaran yang dilakukannya terhadap pemain lawan. Persija pun harus bermain hanya dengan 10 pemain mulai di menit 66.

Persipura pun berusaha memanfaatkan kelemahan lawan. Beruntung upaya yang dilakukan para pemain tim Mutiara Hitam tak membuahkan gol tambahan. Persipura masih unggul 0-2 hingga menit ke-72.

Pahabol nyaris menjebol gawang Persija dua menit kemudian. Beruntung upayanya berhasil digagalkan Andritany.

Kemelut di depan gawang tim Mutiara Hitam terjadi sesaat kemudian. Para pemain Persija ngotot untuk memperkecil ketertinggalan mereka di sisa pertandingan ini, tapi peluang yang didapat Marco Motta bahkan tak membuahkan hasil bagi tim Macan Kemayoran. GAGAL!

Riky Cawor bahkan nyaris menjebol gawang Persija di menit 79 setelah ia berhasil melewati beberapa pemain Persija. Namun, upayanya gagal bersarang di gawang lawan.

Gawang Persipura gagal cleansheet setelah Makan Konate berhasil menjebol gawang Persipura di menit 93. GGOLL!!

Meski demikian tak cukup waktu bagi tim Macan Kemayoran untuk mengejar ketertinggalan mereka, hasil Persija Jakarta vs Persipura Jayapura pun ditutup 1-2.

Susunan Pemain

Persija Jakarta: Andritany (C), Novri Setiawan, Maman Abdurrahman, Ikhwan Ciptady, Marco Motta, Ahmad Bustomi, Adrianus Dwiki Arya Purnomo, Makan Konate, Riko Simanjuntak, Marko Simic/Taufik Hidayat, Nico Alfriyanto.

Persipura Jayapura: Fitrul Dwi Rustapa, Muhammad Tahir, Donny Monim, David Rumakiek, Brian Fatari, Nelson Alom, Takuya Matsunaga, Gunansar Mandowen, Ferinando Pahabol (C), Yevhen Bokhashvili, Fergonzi.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO