Hasil Persija Jakarta vs PSM Makassar, Andritany Gagalkan Tendangan Penalti Zulkifli dan Persija Tembus Final Piala Menpora

Gila Bola – Hasil Persija Jakarta vs PSM Makassar di semifinal leg kedua Piala Menpora 2021 dimenangkan oleh Macan Kemayoran dengan skor akhir 4-3 lewat adu penalti, Minggu (18/4) malam WIB.

Duel yang tersaji di Stadion Manahan, kedua tim sejak menit awal bermain berhati-hati dengan tempo yang pelan. Akan tetapi, Persija Jakarta lebih mendominasi dengan terus memberikan ancaman-ancaman ke pertahanan PSM Makassar.

Namun, serangan yang kerap dibangun oleh Riko Simanjuntak di sisi kanan masih mampu dihalau dengan pemain bertahan PSM. Klub sepak bola asal Makassar sesekali juga memberikan ancaman dari Yakob Sayuri dan Patrich Wanggai.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Kendati demikian, hingga babak pertama selesai belum ada peluang yang membahayakan dan tercipta gol dari dua tim papan atas Liga Indonesia tersebut.

Usai jeda, Persija Jakarta langsung melakukan inisiatif penyerangan. Mereka pun punya peluang dari kaki Osvaldo Haay lewat sundulan. Tapi masih lemah. PSM pun juga memiliki kesempatan dari tembakan Yakob Sayuri dan tendangannya masih mampu diblok oleh Andritany.

Hingga laga usai hasil Persija Jakarta vs PSM Makassar ditutup 0-0 dan untuk menentukan pemenang di semifinal leg kedua Piala Menpora harus ditentukan lewat adu penalti.

Sementara dari delapan penendang Persija, empat di antaranya mampu digagalkan oleh Hilman Syah. Sedangkan klub sepak bola asal Jakarta dipastikan melaju ke final Piala Menpora usai Andritany berhasil gagalkan tendangan Zulkifli Syukur. Di laga final, Persija menunggu pemenang antara Persib Bandung kontra PSS Sleman yang berlangsung pada Senin (19/4) malam WIB.

Jalannya Pertandingan 

Babak Pertama 

Sampai menit ke 10 Persija Jakarta lebih dominan di mana menekan dari sisi kanan dan kiri. Tapi lini pertahanan PSM Makassar masih disiplin. Namun di menit ke 18 PSM melakukan percobaan lewat tendangan Yakob Sayuri. Sayang, tembakannya masih melambung tinggi.

Selepas itu, giliran Yakob memberikan umpan untuk Patrich Wanggai, tetapi tak mampu diselesaikan dengan baik oleh eks striker Persib Bandung tersebut.

Menit ke 24, berawal dari serangan yang dibangun oleh Riko Simanjuntak Persija Jakarta punya peluang dari kaki Alfath Fathier dan tendangannya masih mampu ditangkap dengan baik oleh Hilman Syah.

Selepas cooling break, kedua tim masih bermain berhati-hati. Akan tetapi, klub sepak bola asal Jakarta terus mencoba merangsek ke area pertahanan PSM dan lagi-lagi lini belakang klub berjuluk Juku Eja masih mampu menghalau setiap serangan yang dibangun dari kaki Riko Simanjuntak.

Menit ke 42 kubu PSM mendapatkan tendangan bebas dan Patrich Wanggai yang mengambil bola tak mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Pasalnya, bola melambung tinggi di atas mistar gawang Andritany.

Menjelang menit-menit akhir babak pertama Persija terus memberikan tekanan, namun belum bisa mencetak gol. Hasil Persija Jakarta vs PSM Makassar pun ditutup tanpa gol.

Babak Kedua 

Awal babak kedua, Persija Jakarta tancap gas dengan memiliki peluang tendangan dari Marc Klok dan sundulan Marko Simic. Sayang, belum juga mampu menggetarkan gawang Hilman Syah.

Menit ke 54 kubu PSM Makassar memutuskan bermain menyerang dengan memasukkan Zulham Zamrun dan Saldy. Tiga menit kemudian, Osvaldo Haay menyambut umpan lambung dari Marck Klok dengan sundulan, namun belum bisa membobol gawang klub sepak bola asal Makassar.

Mendapatkan tekanan dari Persija Jakarta, di menit ke 71 akhirnya PSM punya peluang dari kaki Zulham Zamrun. Tetapi tembakannya masih belum mengarah ke gawang Andritany. Setelah cooling break, sampai menit ke 80 belum juga ada gol dari kedua tim.

Persija Jakarta terus memberikan ancaman-ancaman dari sisi kanan dan kiri. Tapi lini pertahanan PSM Makassar masih belum mampu ditembus oleh pemain lini depan Macan Kemayoran. Namun klub berjuluk Eja jelang penghujung babak kedua memberikan kejutan dari tembakan Yakob Sayuri dan tendangannya masih mampu diblok dengan baik oleh Andritany.

Hingga laga usai hasil Persija Jakarta vs PSM Makassar di semifinal leg kedua Piala Menpora ditutup dengan skor 0-0 dan untuk menentukan pemenang langsung dilanjutkan adu penalti.

Susunan Pemain Persija Jakarta vs PSM Makassar: 

  • Persija (4-4-2) Andritany, Novri Setiawan, Otavio Dutra, Yann Motta, Alfath Fathier, Tony Sucipto, Marc Klok, Rohit Chand, Riko Simanjuntak, Osvaldo Haay, Marko Simic.

 

  • PSM (4-3-3) Hilman Syah, Zulkifli Syukur, Hasyim Kipuw, Erwin Gutawa, Rachman, M Arfan, Sutanto Tan, Rasyid Bakri, Yakob Sayuri, Rizky Eka, Patrich Wanggai.