Hasil Persis Solo vs Persebaya Surabaya: Gol Bunuh Diri Bawa Bajol Ijo Raih Poin Sempurna di Kandang Lawan

Gila Bola – Hasil Persis Solo vs Persebaya Surabaya di pertandingan pertama Liga 1 Indonesia musim 2023/24 yang digelar di Stadion Manahan, Sabtu (1/7) malam, ditutup dengan skor 2-3.

Persebaya meraih hasil gemilang di laga perdana musim ini. Sama-sama bermain menekan sejak awal laga, Persebaya berhasil membuktikan bahwa mereka masih lebih kuat dari Persis yang menjadi tuan rumah malam ini.

Setelah menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 lewat penalti Bruno Moreira, tim Bajol Ijo pun diuntungkan oleh bunuh diri pemain pengganti Persis Solo di akhir laga.

Di babak ke dua Persis mencetak dua gol lewat aksi pemain barunya, Moussa Sidibe, di menit 60 dan Ramadhan Sananta di menit 62, namun Bruno mencetak brace di menit 64. Parahnya, pemain pengganti Persis Solo, Faqih Maulana, lalu mencetak gol bunuh diri di menit 83 yang memberi keunggulan bagi tim tamu.

Berkat kemenangan 3-2 di kandang lawan, Persebaya untuk sementara berada di puncak klasemen, sementara Persis berada di urutan ke-17.

Sama-sama Menekan Sejak Awal Laga

Kedua tim sama-sama tampil menekan sejak kickoff di pertandingan pertama ini, bahkan pemain baru Persis Moussa Sidibe berhasil lancarkan ancamannya saat laga baru berjalan tiga menit. Namun dua kali peluang pemain asal Mali ini berhasil digagalkan kiper Bajol Ijo, Ernando Ari.

Persebaya pun tak mau kalah. Lewat aksi Bruno Moreira – yang musim ini kembali memperkuat tim Bajol Ijo, beberapa kali mereka berhasil mengancam pertahanan tuan rumah. Namun kekuatan kedua tim yang seimbang membuat Persebaya kesulitan menjebol gawang lawan.

Persebaya Memimpin Lewat Titik Putih

Persebaya akhirnya memimpin setelah Arief Catur dilanggar kiper Persis Solo, Gianluca Pandeynuwu, di dalam kotak penalti pada menit 26.

Bruno Moriera yang menjadi eksekutor sukses menyarangkan  bola ke gawang Persis tepat di menit 30. GOL! Persebaya memimpin 1-0!

Persis Solo Ungguli Persebaya di Babak Kedua

Para pemain kedua tim seakan baru panas di babak kedua. Persebaya harusnya bisa menambah koleksi gol mereka di menit 58, namun Sho Yamamoto gagal menyarangkan bola ke gawang tuan rumah yang kosong tanpa penjaga. Bola tendangan Sho hanya meluncur di depan gawang Persis. GAGAL!

Alih-alih kembali unggul atas tuan rumah, gawang Persebaya malah kebobolan. Persis berhasil samakan kedudukan lewat tendangan jarak dekat pemain asing baru mereka, Moussa Sidibe, tepat di menit ke-60. GOL! Skor pun berubah imbang 1-1!

Hanya dua menit berselang, lewat kerja sama yang apik dengan Messidoro, bintang Timnas Indonesia Ramadhan Sananta berhasil menjebol gawang Persebaya di menit 62. GOL! 2-1 Untuk Persis!

Persebaya Surabaya Nggak Mau Kalah, Dong!

Hanya sebentar saja Persis unggul atas Persebaya. Bruno tak terima golnya berhasil dibalas tim lawan. Ia yang tampil ngotot sejak kickoff berhasil mencetak gol keduanya di menit 64, dan skor pun kembali berubah menjadi imbang 2-2. GOL!

Para pemain Persis Solo sebenarnya sangat berambisi untuk mencetak gol penentu kemenangan di sisa laga. Beberapa kali Sidibe berusaha lancarkan ancamannya ke gawang Ernando Ari. Namun, tak ada peluang yang membuahkan gol tambahan.

Alih-alih unggul atas tamunya, gawang Persis malah kebobolan di menit 84. Apesnya, pemain pengganti Muhammad Faqih Maulana gagal mengantisipasi serangan bola dan harus melihat bola yang semula diblokirnya nyelonong ke gawang sendiri.

GOL!! Pendukung Persebaya pun bersorak. Gol bunuh diri Faqih berhasil menambah keunggulan tim tamu menjadi 3-2!

Persis Solo mendapat peluang emas di akhir permainan saat pelanggaran dialami Messidoro. Namun, Moussa Sidibe gagal memanfaatkan peluang tendangan bebas ini.

Susunan Pemain

Persis Solo (3-4-3): Gianluca Pandeynuwu; Sutanto Tan, Jaime Xavier, Diego Bardanca; Gavin Kwan Adsit, Alexis Messidoro, Taufiq Febriyanto, Eky Taufik; Moussa Sidibe, Fernando Rodriguez, Ramadhan Sananta.

Persebaya Surabaya (4-3-3): Ernando Ari; Reva Adi Utama, Kadek Raditya, Dusan Stevanovic, Arief Catur; Song Ui-young, Ripal Wahyudi, Ze Valente; Bruno Moreira, Wildan Ramdhani, Sho Yamamoto.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!