Hasil Piala Menpora: Menang Tipis Atas Barito Putera, Persija Hadapi PSM di Semi-Final

Gila Bola – Hasil Persija vs Barito Putera di perempat-final Piala Menpora 2021 pada Sabtu malam 10 April 2021, ditutup dengan skor 1-0.

Gol semata wayang dibukukan Marko Simic yang baru bisa memecah kebuntuan di menit 62 setelah ia menerima umpan matang Riko Simanjutak. Permainan Persija di Stadion Kanjuruhan, Malang, ini menjadi hidup setelah pelatih Sudirman turunkan Riko menggantikan Alfriyanto di babak pertama.

Sayangnya, walaupun banyak peluang tercipta di kubu Persija, hanya satu gol itulah yang berhasil mereka kantongi. Peluang lain tak membuahkan hasil karena rapatnya pertahanan Barito Putera, yang memang lebih bermain bertahan dan hanya mengandalkan serangan balik.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Berkat hasil ini, Persija sukses melenggang ke semi-final Piala Menpora 2021 dan akan bertemu PSM Makassar di laga tersebut.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Kedua tim berusaha tampil menekan sejak kickoff. Namun, Persija dikejutkan dengan aksi Barito Putera, saat Rizky Pora lancarkan tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti yang mengancam gawang tim Macan Kemayoran.

Persija pun berusaha membalas dan lancarkan serangan balik. Namun laga harus dihentikan di awal laga saat Barito kehilangan Bagas Kaffa yang cedera, posisinya bahkan langsung digantikan Nazar Nurzaidin.

NYARIS!! Marco Simic nyaris sarangkan bola ke gawang Barito di menit ke-8. Tiga menit kemudian giliran Marco Motta yang lakukan upaya yang sama, namun tak ada satupun yang membuahkan hasil.

Persija kembali mendapat peluang emas di menit ke-16 lewat aksi Ramdani Lestaluhu. Sayangnya, tembakan Ramdani dari dalam area penalti berhasil digagalkan para pemain Barito Putera. GAGAL!

Persija memang unggul dalam penguasaan bola di laga ini, namun mereka benar-benar kesulitan hadapi lini belakang Barito Putera yang lebih bermain secara bertahan dan memanfaatkan serangan balik.

Di masa injury, Marc Klok punya peluang emas yang harusnya bisa membawa Persija memecah kebuntuan di laga ini lewat tendangan bebasnya. Namun bola yang tertuju ke arah gawang Barito berhasil diamankan kiper Ryandi. Hasil Persija vs Barito Putera di babak pertama pun ditutup dengan skor kaca mata.

Babak Kedua 

Di awal babak kedua, Rizky Pora langsung lancarkan tekanannya ke gawang Persija. Namun ia tak bisa benar-benar menyelesaikan peluangnya, hingga bola berhasil diamankan Andritany.

GGOOLL!! Setelah lakukan dua upaya gol di dua babak pertandingan malam ini, Marko Simic akhirnya berhasil menjebol gawang Barito Putera di menit 62 setelah ia menerima umpan akurat Riko Simanjutak tepat di depan gawang Riyandi. Persija pun memimpin 1-0.

Semenit kemudian Simic kembali mendapat peluang gol. Namun, bola berhasil diamankan Riyandi yang bermain cemerlang di bawah mistar gawang Barito Putera.

Peluang kembali tercipta bagi Persija di menit 70. Namun baik Simic maupun Ramdani gagal memanfaatkan umpan Riko.

GOL DIANULIR! Sepak pojok Marc Klok sebenarnya berhasil bersarang di gawang Riyandi di menit 89. Namun gol tersebut dianulir wasit karena terjadi pelanggaran di depan gawang Barito.

Barito lakukan serangan balik ke gawang Persija sesaat kemudian. Namun upaya habis-habisan yang dilakukan skuad asuhan Djadjang Nurdjaman tak juga membuatkan hasil.

Menit-menit akhir pertandingan ini benar-benar dimanfaatkan skuad Barito Putera untuk mencetak gol penyama kedudukan. Sayangnya hingga masa injury berakhir tak ada satupun peluang mereka yang membuahkan gol.

Wasit akhirnya meniup peluit panjang tanda laga usai, hasil Persija vs Barito Putera pun ditutup dengan skor 1-0.

Susunan Pemain

Persija Jakarta: Andritany (C); Marco Motta, Tony Sucipto, Rezaldi Hehanusa, Rohit Chand, Sandy Sute, Marc Klok, Ramdani Lestaluhu, Osvaldo Haay, Alfriyanto/ Riko Simanjuntak, Marko Simic.

Barito Putera: Riyandi, Bagas, Cassio, Firly, Rifky, Bayu, Luthfi Kamal, Alif, Ambrizal Umanailo, Donald, Rizky Pora (C).