Hasil PSM Makassar vs Bali United Playoff Leg 2 Liga Champions Asia: Bak Partai Final, Serdadu Tridatu Butuh Extra Time dan Adu Penalti untuk Bungkam Juku Eja!

Gila Bola – Hasil PSM Makassar vs Bali United di playoff leg 2 Liga Champions Asia, Sabtu (10/6) malam WIB. Laga berakhir dimenangkan Serdadu Tridatu.

Duel yang berlangsung di Stadion Gelora B. J. Habibie, sejak menit sudah seru. Serdadu Tridatu unggul penguasaan bola 75 banding 25 persen. Namun Juku Eja miliki peluang lebih baik. Hasil PSM Makassar vs Bali United playoff leg 2 Liga Champions Asia di babak pertama belum ada gol.

Di waktu normal skor ditutup 1-1 dan agregat skor 2-2. Hasilnya dilanjutkan ke extra time 2×15 menit. Sayangnya, masih tanpa gol dan untuk menentukan pemenang laga ini pun harus ditentukan lewat adu penalti.

Bali United pun berhasil menangkan adu penalti dengan agregat skor 4-5. Alhasil pasukan Stefano Cugurra dapatkan tiket playoff Liga Champions Asia 2023/24.

Bali United Dominan 

Di 15 menit awal, permainan dari PSM Makassar maupun Bali United cepat dan dengan tempo tinggi. Menit ke-21, PSM Makassar miliki peluang emas dua kali dari Wiljan Pluim untuk mencetak gol. Sayang, sepakan pertama Pluim digagalkan Ricky Fajrin dan kedua melambung!

Playoff leg 2 Liga Champions Asia sudah berjalan 30 menit, Bali United unggul dalam penguasaan bola atas PSM Makassar. Akan tetapi, serangan berbahaya dipegang oleh Juku Eja. Menit ke-37, Yance Sayuri melakukan pergerakan dalam kotak penalti dan langsung lepaskan sepakan keras mengenai tiang gawang!

Jelang turun minum, Bali United masih mengendalikan permainan dan nyaris mencetak gol dari sundulan Privat Mbarga. Tapi masih menyamping tipis di sisi kanan gawang PSM. Hasil PSM Makassar vs Bali United babak pertama di Playoff leg 2 Liga Champions Asia sama kuat 0-0.

PSM Makassar Batalkan Kemenangan

Bali United membangun serangan dan Ramdhani Lestaluhu mencoba memberikan umpan comeback. Erwin Gutawa pun ingin menyapu bola keluar. Sayang, bola malah masuk ke gawang sendiri. Skor 0-1 menit ke-52 dan Serdadu Tridatu unggul agregat 1-2 di Playoff leg 2 Liga Champions.

Tertinggal dari Bali, klub sepak bola asal Makassar meningkatkan tempo permainan. Akbar Tanjung arahkan bola ke gawang dan berhasil ditangkap Adilson Maringa. Keputusan Bernardo Tavares mengubah strategi mengganti tiga pemain membuahkan hasil.

Rizky Eka Pratama yang dimainkan berhasil menjawab kepercayaan pelatih. Dengan pergerakan menusuk dari sisi kiri, ia langsung lepaskan tembakan canon ball dan gol di menit ke-83. Hasil PSM Makassar vs Bali United berakhir 1-1 dan harus dilanjutkan extra time karena agregat 2-2!

Extra Time dan Lanjut Adu Penalti!

Di awal babak tambahan waktu, Bali United tancap gas. Sepakan Novri Setiawan berhasil dimentahkan dan bola rebound dimanfaatkan M Rahmat hingga membentur tiang gawang!

Menit ke-98, wasit Yudi mengeluarkan kartu merah untuk Adlison Maringa. Kiper Bali diganjar kartu merah usai melakukan pelanggaran ke Adilson. Laga 2-x15 yang berjalan keras tanpa gol, tetapi Muhammad Ridho tampil ciamik lakukan 4 save dan lanjut ke penalti!

Dalam babak adu penalti, lima penendang Bali United semuanya sukses menjalankan tugasnya. Namun Wiljan Pluim sebagai algojo terakhir PSM Makassar justru gagal di mana sepakannya melambung! Dengan demikian, Serdadu Tridatu mewakili Indonesia di kualfiikasi Liga Champions Asia.

Data dan Fakta

Elias Dolah yang baru didatangkan oleh Bali United di bursa transfer musim panas langsung menjalankan debutnya untuk Serdadu Tridatu. Pemain timnas sepak bola Thailand bermain sebagai starter. Sayangnya, ia tak bermain 90 menit.

Kadek Arel menjadi pemain termuda di pertandingan playoff leg 2 Liga Champions Asia. Pemain 18 tahun dipercayakan Stefano Cugurra tampil sebagai starter untuk Bali United.

Susunan Pemain PSM Makassar vs Bali United: 

PSM: Reza Arya Pratama, Yuran Fernandes, Kike Linares, Akbar Tanjung, M Arfan, Erwin Gutawa, Kenzo Nambu, Yance Sayuri, Yakob Sayuri, Wiljan Pluim, Everton Nascimento.

Bali United: Adilson Maringa, Elias Dolah, Ricky Fajrin, Novri Setiawan, Sidik Saimima, Ramdhani Lestaluhu, Ardi Idrus, Brwa Nouri, Kadek Arel, Privat Mbarga, Eber Bessa.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!