Hasil PSM Makassar vs Bhayangkara FC Skor 2-0, Juku Eja Melaju ke Semifinal

Hasil PSM Makassar vs Bhayangkara FC Skor 2-0, Juku Eja Melaju ke Semifinal

Gilabola.com – Hasil pertandingan antara PSM Makassar vs Bhayangkara FC dalam laga leg kedua perempat final Piala Indonesia di Stadion Matoangin, Jumat (3/5), ditutup dengan skor 2-0.

PSM menjadi tim pertama yang melaju ke semi final Piala Indonesia 2018/19 setelah menang 2-0 atas Bhayangkara FC. Kemenangan itu membuat agregat kedua tim menjadi imbang 4-4, namun PSM yang berhasil mencetak gol tandang di leg pertama menjadi tim yang berhak melaju ke babak berikutnya. Dua gol PSM di laga sore ini dibukukan M Rahmat di menit 29 dan Rizky Pellu di menit 55.

Jalannya Pertandingan

PSM Makassar sebelumnya alami kekalahan 2-4 di leg pertama, dan bertekad menang serta melaju ke babak selanjutnya. Skuad asuhan Darije Kalezic itupun langsung tampil menekan sejak awal pertandingan.

NYARIS!! PSM mendapat peluang bagus di menit 17 saat Marc Klok lancarkan tendangan bebasnya. Sayangnya, tembakan pemain asal Belanda ini masih melebar.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

PENALTI!! Tujuh menit kemudian, bek PSM Asnawi Mangkualam lakukan handball di area terlarang. Wasit pun langsung menunjuk titik putih, dan tim tamu Bhayangkara FC mendapat hadiah penalti. GAGAL!!

The Guardian gagal memanfaatkan peluang empuk mereka di menit 24, setelah eksekusi penalti yang dilakukan Anderson Salles berhasil ditepis kiper PSM, Rivky Mokodompit. Kedudukan kedua tim pun tetap imbang 0-0.

NYARIS!! Salles kembali lancarkan serangannya empat menit kemudian. Namun, lagi-lagi, ia gagal menjebol gawang lawan setelah tendangan bebasnya dinilai hanya menghajar tiang.

Wasit dinilai beri keputusan kontroversial pada momen ini, karena para pemain Bhayangkara bersikeras mengatakan bola Salles sempat masuk ke gawang Mokodompit, tapi ditepis keluar. Sayangnya, wasit tidak menilainya sebagai ‘sebuah gol’ hingga tak ada skor yang tercipta untuk tim tamu.

GOLLL!! Hanya satu menit berselang, PSM berhasil membuka keunggulan di menit 29 lewat tendangan Muhammad Rahmat, yang sukses memanfaatkan umpan Asnawi.

Namun, laga sempat dihentikan karena aksi protes yang dilancarkan tim tamu. Keunggulan 1-0 bagi tuan rumah PSM Makassar pun bertahan hingga turun minum.

Jalannya Babak Kedua PSM Makassar vs Bhayangkara FC

PSM langsung menekan di awal babak kedua. Namun Bhayangkara pun berusaha mengejar ketertinggalan mereka dalam laga ini. Agregat kedua tim kini menjadi 3-4 setelah PSM unggul di babak pertama.

GOOLL!! PSM berhasil menambah koleksi golnya lewat aksi Rizky Pellu di menit 55. Pellu yang datang dari arah belakang dan cukup mengejutkan lawan, berhasil memanfaatkan umpan Markkanen yang justru berdiri di sekitar mulut gawang tim tamu.

Dengan cerdiknya Markkanen mengembalikan bola ke arah belakang yang langsung dimanfaatkan Rizky untuk gandakan kemenangan tim Juku Eja. Agregat kedua kini menjadi sama 4-4.

NYARIS!! Wiljam Pluim nyaris menambah koleksi gol PSM empat menit kemudian, kalau saja bola hasil tembakan jarak jauhnya tak berhasil ditangkap Awan Setho. Tim Juku Eja tetap unggul 2-0.

Bhayangkara coba memperkecil ketertinggalannya di menit 64 saat Reksa Maulana coba lancarkan tendangan jarak jauhnya. Namun bola hanya melebar dan tak ada ancaman berarti ke gawang Rivky Mokodompit.

NYARIS!! Mokodompit kembali berhasil menepis tembakan keras Salles di menit 67.

NYARIS!! Bhayangkara kembali memiliki peluang bagus tepat di menit 70. Sayangnya peluang tersebut tak diselesaikan dengan baik, hingga tak ada gol yang tercipta untuk tim tamu.

NYARIS!! Dendy menyia-nyiakan umpan di depan gawang PSM dua menit kemudian, setelah tembakannya hanya melambung ke atas mistar gawang tuan rumah.

Pertandingan terus memanas di mana para pemain kedua tim kerap terlibat adu fisik di pertengahan babak ke dua ini. PSM tetap unggul 2-0 dan agregat kedua tim imbang 4-4.

Tekel keras yang dilakukan Reksa Maulana terhadap pencetak gol pertama PSM, M Rahmat, membuat pemain ini harus mendapat perawatan di pinggir lapangan dan akhirnya digantikan pemain lain di menit 78.

Keributan antarpemain kembali terjadi sembilan menit sebelum laga usai. Namun, tak ada kartu yang diberikan wasit walau keributa tersebut terjadi di depan pengadil lapangan.

Kartu kuning diterima Putu Gede setelah lakukan tekel keras pada Wiljam Pluim di menit 84. Hanya berselang satu menit kemudian, gantian Pluim yang mendapat kartu kuning.

NYARIS!! Bhayangkara FC nyaris memperkecil kekalahannya di masa injury time lima menit yang diberikan wasit. Namun sundulan kepala Herman Dzumafo masih melambung.

Begitu juga saat Dendy Sulistiawan coba lancarkan tembakan jarak jauhnya, bola jauh melambung dari gawang PSM.

Herman Dzumafo kembali gagal mengancam gawang PSM, saat bola langsung dipotong pemain PSM di wilayah tengah lapangan. Para pemain tim Juku Eja tampak berusaha mengulur-ulur waktu pertandingan.

Wasit akhirnya meniup peluit panjang tanda laga usai, pertandingan PSM Makassar vs Bhayangkara FC ditutup dengan skor 2-0.

Susunan Pemain

PSM Makassar: Rivky Mokodompit; Asnawi Mangkualam Bahar, Abdul Rahman, Aaron Evans, Benny Wahyudi; Marc Klok, Rizky Pellu; M Rahmat/Hasyim Kipuw, Wiljan Pluim, Zulham Zamrun/Saldy; Eero Markkanen/Guy Junior.

Bhayangkara FC: Awan Setho; Bagas Adi, Anderson Salles, Indra Kahfi, Putu Gede; Nur Iskandar, M Hargianto, Reksa Maulana, Vendry Mofu/Herman Dzumafo; Alsan Sanda, Dendy Sulistyawan.