Hasil PSM Makassar vs Dewa United: Diperkuat 10 Pemain, Sang Juara Bertahan Kandas di Akhir Laga Kandang

Gila Bola – Hasil PSM Makassar vs Dewa United di pekan kedua Liga 1 Indonesia yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sabtu (8/7) sore, ditutup dengan skor 1-2.

Juara musim lalu, PSM Makassar, harus menerima kekalahan mengejutkan dari tamu mereka, Dewa United, di laga pekan kedua sore ini.

PSM semula diperkirakan bakal berbagi poin setelah gol Kenzo Nambu di menit ke-19 disamakan Dimitris Kolovos di menit 47. Namun secara mengejutkan, Alex Martins mencetak gol dan membawa Dewa United unggul 2-1 di menit 90+3.

Alih-alih amankan satu poin di kandang sendiri pada pekan kedua ini, tin Juku Eja malah kalah dari tamunya. Namun berkurangnya kekuatan tim tuan rumah setelah Erwin Gutawa diusir keluar di menit 90+1 diperkirakan menjadi salah satu faktor penyebab kekalahan ini.

Hasil ini tentunya tak menggembirakan bahwa sang juara bertahan. Mereka yang bermain dengan semangat membara sejak kickoff harus menerima kenyataan kalah dari tim tamu.

Berkat kekalahan ini, PSM kini berada di urutan ke-11 dengan hanya mengoleksi satu poin di pekan kedua ini. Sementara Dewa United melejit ke posisi teratas dengan koleksi enam poin.

Jalannya Pertandingan

PSM Mendominasi, Kenzo Nambu Cetak Gol Kedua

Kedua tim sama-sama bermain menekan sejak kickoff. Tuan rumah tunjukkan penampilan yang lebih mendominasi di babak pertama ini, karena faktor kandang dan ambisi untuk memperbaiki koleksi gol mreka di laga kedua ini.

Namun, lini pertahanan Dewa United tetap sulit dibongkar.  Upaya mencetak gol yang gencar dilakukan PSM tak ada yang membuahkan hasil.

Upaya yang dilakukan tim Juku Eja baru membuahkan hasil di menit ke-19 saat Kenzo Nambu berusaha menyarangkan umpan Wiljan Pluim dengan tandukannya.

Bola semula memang berhasil dihalau kiper lawan, tapi Nambu berhasil menggapai bola liar dan menanduknya lagi masuk ke gawang Dewa United. GOL! PSM pun memimpin 1-0 di menit 19.

Dewa United Ngotot Mengejar Ketertinggalan

Dewa United punya peluang untuk menyamakan kedudukan di menit 23, tapi percobaan mencetak gol yang dilakukan Safruddin Tahar masih terlalu lemah.

Dewa United berjuang keras mencetak gol balasan setelah gawang mereka kebobolan gol tuan rumah, tapi tak satupun peluang yang berhasil diselesaikan dengan baik.

Sementara tuan rumah, PSM Makassar, sebenarnya memiliki dua peluang emas yang harusnya bisa membuat mereka menambah koleksi gol di babak pertama ini. Namun, dua upaya yang dilakukan Yance Sayuri tak ada yang membuahkan hasil.

Yance juga kembali gagal menyarangkan bola dari jarak dekat di menit 32, meskipun dia berhasil mengecoh bek tuan rumah dan tinggal berhadapan dengan kiper DUFC. Bola masih melebar dari gawang lawan, GAGAL!

Giliran sang kapten, Wiljan Pluim, yang lakukan percobaan mencetak gol dari luar kotak penalti tepat di menit ke-40. Namun, lagi-lagi bola melebar dari gawang tim tamu.

Namun, saat babak kedua baru berjalan dua menit, Dimitris Kolovos berhasil menyamakan kedudukan 1-1. Pemain asal Yunani itu sukses menanduk umpan Ady Setiawan tepat di depan gawang PSM yang tak lagi mampu dibendung Reza Arya. GOL!

PSM Makassar Punya Banyak Peluang Gol Penentu Kemenangan

Yuran dan Everton juga punya peluang menggandakan skor tuan rumah di menit 66 saat keduanya berusaha memanfaatkan lemparan ke dalam yang dilakukan Erwin Gutawa. Namun bola berhasil dihalau pemain bertahan skuad Tangsel Warriors.

Di menit ke-78, Adilson sia-siakan peluang tandangan bebas di depan gawang Dewa United yang harusnya bisa membawa PSM mencetak gol penentu kemenangan. Kedudukan kedua tim pun tetap imbang 1-1 di 12 menit terakhir laga ini.

Everton Nascimento kembali memiliki peluang emas untuk PSM di menit 85. Namun ia gagal menyarangkan umpan jauh Yuran yang sukses diblok kiper Dewa United, Sonny Stevens.

Keributan antar pemain kedua kesebelasan sempat terjadi di masa injury, berawal dari tendangan yang dilakukan Kolovos terhadap Yakob Sayuri yang sudah jatuh terduduk. Keributan inipun berakhir dengan kartu merah yang diberikan wasit terhadap Erwin Gutawa.

PSM Makassar Harus Terima Kekalahan!

Alih-alih amankan poin sempurna di hadapan suporternya sendiri, gawang PSM malah kebobolan lagi di penghujung laga.

Secara mengejutkan para pemain Dewa United menyerbu ke depan gawang Juku Eja, dan Alex Martins berhasil memanfaatkan peluang Nasir dan menyarangkan bola ke gawang Reza Arya tanpa mampu dibendung lagi. GOL!! Tangsel Warriors pun berbalik memimpin di menit 90+3!!

Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Reza Arya Pratama; Safruddin Tahar, Erwin Gutawa, Yuran Fernandez, Yance Sayuri; Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, M Arfan; Victor Dethan, Everton, Wiljan Pluim.

Dewa United (4-2-3-1): Sonny Stevens; Iqbal AL Ghuzat, Zaenuri, Risto Mitrevski, Agung Mannan; Theo Numberi, Ady Setiawan; Majed Osman, Dimitris Kolovos, Egy Maulana Vikri; Alex Martins.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!