Hasil PSM Makassar vs Persib Bandung: Pangeran Biru Mati Kutu di Kandang Juku Eja

Gila Bola – Hasil PSM Makassar vs Persib Bandung di pekan ke empat Liga 1 Indonesia musim 2023/24 yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sabtu (22/7) malam, ditutup dengan skor 4-2.

Kandang PSM benar-benar menjadi killing field bagi Maung Bandung malam ini. Tiga gol bersarang di gawang Teja Paku Alam tanpa balas di babak pertama, dan skuad Pangeran Biru terus kesulitan membongkar solidnya pertahanan tuan rumah hingga menit-menit terakhir.

Persib Bandung seakan mati kutu di babak pertama. Berkali-kali upaya mereka berhasil digagalkan pemain tuan rumah, tim yang baru kehilangan pelatih kepala itu sangat kesulitan menembus lini pertahanan PSM.

Di babak kedua, Persib berusaha tampil lebih baik dari apa yang mereka tampilkan di babak sebelumnya. Namun, tidak mudah untuk menjebol gawang tuan rumah yang sudah unggul tiga gol dan tak juga mengendurkan ancaman mereka.

PSM sudah memimpin sejak menit ke-10 lewat gol spektakuler Kenzo Nambu. Keunggulan ini kemudian digandakan Victor Dethan di menit 28. Tak berhenti sampai di situ, Everton Nascimento kembali menambah keunggulan PSM di menit 39 dan kemenangann tim Juku Eja ditutup oleh gol Andy Harjito menjadi 4-1 di masa injury 90+1.

Sedangkan Persib, hanya bisa membalas lewat tendangan jarak jauh Marc Klok di menit 88, dan satu gol bunuh diri Yuran Fernandes di menit 86. Marc Klok sebelumnya sempat mencetak gol di awal babak kedua, tetapi gol itu dianulir wasit karena offside.

Berkat kemenangan ini, PSM kini berada di urutan lima dengan koleksi tujuh poin. Sedangkan Persib, turun ke posisi 16 denga hanya mengantongi tiga poin.

PSM Makassar Koleksi Tiga Gol di Babak Pertama!

Kenzo Nambu secara mengejutkan berhasil menyarangkan tendangan jarak jauhnya dari pojok kotak penalti dan sukses membawa PSM memimpin 1-0 tepat di menit ke-10. GOL!!

David da Silva berhasil menciptakan tembakan on target di menit ke-26 lewat kerja sama yang apik dengan Beckham dan Ciro Alves, sayang tandukan Da Silva berhasil ditangkap kiper PSM!

Alih-alih samakan kedudukan, gawang Persib malah kembali kebobolan. Pemain 19 tahun, Victor Dethan, sukses mencetak gol perdananya di tim senior PSM Makassar di menit ke-28. GOL!

Persib tampak terus kesulitan membongkar lini pertahanan PSM, bahkan permainan Maung Bandung tampak tak juga bisa berkembang di babak pertama.

Secara mengejutkan, Persib malah kembali kebobolan di menit 39 saat Everton yang menerima umpan jauh Victor Dethan berhasil memenangkan bola atas bek Persib dan mengecoh Teja Paku Alam. Everton pun berhasil menyarangkan si kulit bundar ke gawang Persib dan menambah koleksi gol PSM menjadi 3-0. GOL!

PSM Makassar Tak Kendurkan Permainan di Babak Kedua

PSM sama sekali tak mengendurkan pertahanan mereka meskipun sudah unggul 3-0 di babak pertama. Wiljan Pluim dan Yakob Sayuri nyaris menambah koleksi tim Juku Eja di awal babak kedua, beruntung bagi Persib Bandung kedua peluang itu hanya melambung.

Meski demikian di awal babak kedua laga ini, Persib tampak berusaha bermain lebih menekan, meskipun tak ada yang benar-benar mengancam gawang lawan.

Gol Persib Bandung Dianulir!

Marc Klok sebenarnya berhasil menyarangkan tembakannya ke gawang PSM di menit 59. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena offside. Maung Bandung pun masih tertinggal 3-0.

PSM malah kembali mendapat peluang gol saat Yuran Fernandes berusaha mencocor umpan Yance Sayuri di depan gawang Persib. Namun aksinya meleset dan bola hanya meluncur melewati gawang lawan.

Marc Klok kembali mendapat peluang memperkecil ketertinggalan Persib di menit 85. Sayang tembakan kerasnya berhasil dibendung kiepr Reza Arya.

Persib Bandung Berhasil Membalas, PSM Kembali Cetak Gol

Namun sesaat kemudian Yuran Fernandes mencetak gol bunuh diri di menit 86 setelah terjadi salah komunikasi dengan sang kiper. GOL! 1-3 Untuk Persib Bandung!

GOL!! Persib Bandung kembali memperkecil ketertinggalan mereka menjadi 2-3 lewat tendangan roket Marc Klok di menit 88.

Namun harapan Persib kandas setelah Andy Harjito mencetak gol keempat PSM di menit 90+1 hingga PSM berhasil menutup laga ini dengan kemenangan 4-2.

Susunan Pemain

PSM Makassar (3-5-2): Reza Arya Pratama; Yance Sayuri, Yuran Fernandes, Safruddin Tahar; Victor Dethan, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, M Arfan, Yakob Sayuri; Wiljan Pluim, Adilson Gancho Silva.

Persib Bandung (4-4-2): Teja Paku Alam; Edo Febriansah, Alberto Rodriguez, Nick Kuipers, Putu Gede; Beckham Putra, Dedi Kusnandar, Marc Klok, Daisuke Sato; David da Silva, Ciro Alves.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!