Hasil PSM Makassar vs PSS Sleman, Irkham Mila Bawa Super Elang Jawa Finis Tempat Ketiga Piala Menpora

Gilabola.com – Hasil PSM Makassar vs PSS Sleman di laga pamungkas Piala Menpora 2021 dimenangkan oleh Super Elang Jawa dengan skor akhir 2-1, Sabtu (24/4) malam WIB.

Laga yang berlangsung di Stadion Manahan, kedua tim yang menurunkan pemain lokal saling bergantian memberikan ancaman sejak menit awal. Namun, PSS Sleman berhasil mencetak gol di menit ke 34 dari tendangan penalti Irfan Jaya usai Irkham Mila dilanggar di kotak terlarang.

Hingga wasit Thoriq Munir Alkatiri meniupkan peluit babak pertama berakhir keunggulan masih untuk PSS Sleman dengan skor 1-0.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Selepas jeda, usai mendapatkan instruksi dari Dejan Antonic klub sepak bola asal Sleman langsung memberikan tekanan ke pertahanan PSM Makassar. Namun, Juku Eja malah berhasil menyamakan kedudukan dari tendangan Sutanto Tan di menit ke 59.

Tak mau menyerah, PSS Sleman langsung melakukan pergantian pemain dan masuknya Nico Velez langsung memberikan perbedaan. Pasalnya, umpannya mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Irkham Mila enam menit kemudian. Hingga laga usai hasil PSM Makassar vs PSS Sleman berakhir kemenangan 2-1 untuk Super Elang Jawa.

Channel Gilabola di Youtube

Dengan hasil ini, maka klub Liga Indonesia asal Sleman dipastikan menempati urutan ketiga Piala Menpora. Sementara PSM harus puas berada di peringkat keempat pada ajang pramusim.

Jalannya Pertandingan 

Babak Pertama 

Sampai menit ke 10 kedua tim saling jual beli serangan dengan memberikan ancaman-ancaman. Menit ke 17 PSS Sleman memiliki peluang dari kaki Derry Rahman. Sayang, tembakannya masih melambung tinggi. Setelah itu belum ada lagi peluang emas dari kedua tim.

Menit ke 30, PSS Sleman membangun serangan dari sisi kanan melalui Irkham Mila dan saat sang pemain masuk ke area kotak penalti PSM Makassar dilanggar oleh Hasyim Kipuw. Tendangan penalti sendiri baru dilakukan usai cooling break. Irfan Jaya yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik di mana melepaskan tembakan mendatar ke arah kiri gawang. Skor pun 1-0 di menit ke 34 untuk PSS Sleman.

Seusai gol, PSS Sleman harus bermain dengan 10 orang lantaran Fandry Imbiri melanggar keras Yance Sayuri hingga tak bisa melanjutkan pertandingan. Imbiri pun langsung mendapatkan kartu merah dari wasit Thoriq Munir Alkatiri.

Unggul jumlah pemain, PSM Makassar mencoba menyamakan kedudukan dan klub sepak bola asal Makassar memiliki peluang dari tendangan Sutanto Tan. Tetapi tendangannya masih melambung tinggi. Jelang turunm minum, Irfan Jaya melepaskan tendangan bebas dan arah bola masih melebar di sisi kiri gawang Hilman Syah.

Beberapa menit kemudian PSM juga memiliki kesempatan yang sama dan tendangan Rasyid Bakri mampu ditangkap dengan baik Miswar Saputra. Hingga laga usai hasil PSM Makassar vs PSS Sleman perebutan tempat ketiga Piala Menpora ditutup 1-0 untuk keunggulan Super Elang Jawa.

Babak Kedua 

PSS Sleman yang bermain dengan 10 orang langsung memberikan ancaman di awal babak kedua dari tendangan Rafi Angga, tapi tembakannya masih diantisipasi oleh Hilman Syah . Setelah itu, giliran Irkham Mila yang memberikan ancaman ke gawang PSM Makassar dan tenmbakannya masih melebar di sisi kanan gawang.

PSS Sleman pun kembali memberikan tekanan ke arah pertahanan PSM Makassar dari Irfan Jaya dengan berlari dari sisi kanan dan setelah itu melepaskan tendangannya ke area kotak penalti. Namun, Hilman Syah melakukan reflek dengan baik hingga Rafi Angga tak bisa mencetak gol.

Usai terus ditekan, klub sepak bola asal Makassar mendapatkan tendangan bebas lantaran Sutanto Tan dilanggar dekat kotak penalti PSS Sleman. Eks Bali United itu mengambil tendangan tersebut dan berhasil membobol gawang Miswar Saputra dengan mengarahkan bola ke sisi kiri gawang. Skor pun 1-1 di menit ke 59. Usia itu, PSM Makassar kembali memberikan ancaman hingga Miswar keluar dari sarangnya untuk menghalau peluang klub berjuluk Juku Eja.

Menit ke 65, Nico Velez yang baru saja masuk langsung mendapatkan umpan lambung dari rekan satu timnya dan pemain bola asal Argentina itu dengan cepat mengirimkan umpan mendatar dari sisi kanan ke Irkham Mila. Setelah itu, Irkham menyambutnya langsung melepaskan tembakan ke gawang Hilman Syah. Skor pun menjadi 1-2 untuk keunggulan PSS Sleman.

Tak mau menyerah, PSM Makassar mencoba untuk menyamakan kedudukan dan klub Liga Indonesia yang ditangani oleh Syamsuddin Batola memiliki peluang dari kaki Saldy. Namun, tendangannya mampu ditangkap dengan baik Miswar Saputra.

Usai cooling break, kedua tim terus bergantian memberikan tekanan di mana PSM lebih dominan dan belum ada gol tambahan yang tercipta. Bahkan menit-menit akhir Miswar Saputra menggagalkan peluang emas pemain Juku Eja. Namun, Hingga laga usai hasil PSM Makassar vs PSS Sleman di laga pamungkas Piala Menpora ditutup 2-1 untuk kemenangan Super Elang Jawa.

Susunan Pemain PSM Makassar vs PSS Sleman: 

  • PSM (4-3-3) Hilman Syah, Muh Fahri, Erwin Gutawa, Hasyim Kipuw, Yance Sayuri, Ahmad Hari, Sutanto Tan, Rasyid Bakri, Arfan, Yakob Sayuri, Saldy.

 

  • PSS (4-3-3) Miswar, Nirwanto, Wayhu Sukarta, Fandry Imbiri, Derry Rachman, Kim Kurniawan, Misbakus, Fitra Ridwan, Irkham Mila, Irfan Jaya, Rafi Angga.
AHABET
AHABET