Pemain Madura United Fabiano Beltrame Selangkah Lagi Jadi WNI

Pemain Madura United Fabiano Beltrame Selangkah Lagi Jadi WNI

Pemain belakang Madura United, Fabiano Beltrame, segera resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Saat ini, proses naturalisasi yang dijalani pemain asal Brasil itupun hampir selesai.

Fabiano Beltrame memang terbilang sudah lama jalani karir sepakbolanya di Indonesia. Ia bahkan sudah datang sejak 2005 lalu, dan klub Indonesia pertama yang dibelanya adalah Persela Lamongan.

Dengan demikian hingga Liga 1 Indonesia/2018, Fabiano Beltrame yang kini telah berusia 36 tahun itu betah tinggal di Indonesia. Sejauh ini, ia sudah membela lima klub sepakbola di tanah air.

Kini, Beltrame pun mantap untuk pindah kewarganegaraan. Sejauh ini, proses naturalisasi pemain yang bernama lengkap Fabiano Da Rosa Beltrame itu dikabarkan sudah 99 persen.

Proses Naturalisasi Tinggal 99 Persen

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

“Proses naturalisasi sudah 99 persen, tinggal satu surat yang akan saya ambil Senin depan di Kedutaan Besar Brasil, setelah itu saya akan jadi WNI,” demikian ungkap Fabiano dalam akun Instagram pribadinya.

Keputusan Fabiano untuk menjadi WNI ini memang cukup mengejutkan. Tapi, dia tampaknya mulai jajaki proses naturalisasi, karena ingin tetap bermain di Madura United pada musim 2019.

Beberapa waktu lalu manajer Madura United, Haruna Sumitro, pun telah menegaskan akan mempertahankan Fabiano, jika ia jalani proses naturalisasi. Pasalnya, jika status Beltrame tetap sebagai pemain asing, maka tak ada tempat baginya di tim Sape Kerrab.

Pernah Singgah di Persela dan Persija

Fabiano Beltrame lahir di Foz do Iguacu, Brasil, 36 tahun lalu. Setelah satu musim di Persela Lamongan (2005/06), Beltrame beberapa kali pindah klub dan melanglang buana keliling Indonesia.

Ia pernah membela Persmin Minahasa (2007/2008), sebelum akhirnya kembali ke Persela (2008 – 2011). Beltrame pun pernah tiga tahun di Persija Jakarta pada tahun 2011 hingga 2014, dan satu musim berlaga di Arema Cronus (2014/15).

Beltrame lalu putuskan untuk membela Madura United sejak 2016, di mana ia sudah tampil dalam 86 pertandingan dan bukukan 15 gol.