Semen Padang Menang, Kini Ancam Seret Persela ke Zona Bahaya

Semen Padang Menang, Kini Ancam Seret Persela ke Zona Bahaya

Semen Padang menang 3-0 di kandang Barito Putera, Jumat (6/12), dan posisinya kini ancam menyeret Persela Lamongan ke zona bahaya.

Tim asal Sumatera Barat, Semen Padang, berada dalam kondisi putus asa untuk keluar dari zona degradasi dan mereka memanfaatkan motivasi itu untuk menang 3-0 di kandang Barito Putera pada Jumat malam. Sebagai hasilnya kini mereka mengancam akan menyeret Persela Lamongan ke dalam zona berbahaya Liga 1 Indonesia.

Posisi klasemen setelah kemenangan 3-0 ini adalah Kabau Sirah berada di posisi 16 klasemen Liga 1 Indonesia dengan poin 31, hanya selisih tiga di bawah Persela Lamongan.

Ketiga gol tersebut dilesakkan dua kali oleh Vanderlei Francisco pada babak pertama dan jelang akhir babak kedua, selain satu gol lain oleh Flavio Beck pada menit 84.

Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Gol pertama Kabau Sirah terjadi menit 10 setelah satu sepakan keras dilepaskan oleh Karl Max Barthelemy masih mampu dihadang kiper Aditya Harlan. Tapi bola muntah jatuh ke depan jalur lari Vanderlei dan ia tidak memberi ampun kiper yang masih terjatuh itu dan menjadi gol pertama Semen Padang. Tidak ada gol lagi sampai akhir babak pertama meski tuan rumah sangat bernafsu untuk menyamakan kedudukan.

Sama seperti babak pertama, paruh kedua juga dimulai dengan lamban. Kedua tim seperti coba mengincar serangan balik. Pada menit 69 Herlan Lee mengirim tembakan ke depan gawang yang hampi saja membuahkan gol oleh satu rekannya. Selang lima-enam menit kemudian dua peluang emas beruntun terjadi di depan gawang Semen Padang yang dijaga Rendy Oscario.

Dan mimpi tuan rumah rusak berantakan setelah tim tamu mencetak gol kedua pada menit 79, lagi-lagi melalui Vanderlei Francisco. Ia memperoleh bola lambung yang disundul dari sudut sempit menjadi gol kedua Kabau Sirah. Jika akhirnya pada akhir musim mereka lolos dari degradasi, mereka harus berterima kasih pada pemain anyar ini, Vanderlei Francisco.

Hampir saja terjadi gol ketiga oleh tim tamu pada menit 83 dengan tendangan on target berhasil diblokir oleh kiper Aditya Harlan, Dan selang beberapa detik kemudian dari hasil sepak pojok, Flavio Beck Junior melepaskan tendangan jarak jauh dan langsung menembus gawang Aditya Harlan. Skor berubah 3-0 untuk keunggulan Semen Padang FC.

Tidak ada gol lagi. Semen Padang menang 3-0 di kandang Barito. Kemenangan Kabau Sirah saja tidak diduga-duga. Menang tiga gol tanpa balas lebih tak terduga lagi. Kini mereka mengoleksi 31 poin di urutan 16 dan dalam jangkauan merebut posisi Persela Lamongan di urutan 15 klasemen.

Starting XI

Barito Putera (4-4-2): 20-Adhitya Harlan; 5-Rony Beroperay, 28-Andri Ibo, 55- Dandi Maulana, 47-Donny Harold Monim; 13-Bayu Pradana, 7-Kosuke Uchida, 30-Fernando Torres, 10-Rafael Silva; 9-Samsul Arif, 11-Yakob Sayuri.

Semen Padang FC (4-4-2) : 21-Rendy Oscario, 26-Roni Rosadi, 27-Dedy Gusmawan, 44-Syaeful Anwar, 10-Dedi Hartono; 4-Yu Hyun Koo, 15-Leo Guntara, 6-Fridolin Yoku, 87-Flavio Beck; 9-Karl Max Barthelemy, 99-Vanderlei Francisco.