Sriwijaya FC Turun Kasta, Klub Antidegradasi Tersisa 7

Sriwijaya FC Turun Kasta, Klub Antidegradasi Tersisa 7

Gilabola.com – Sriwijaya FC resmi terdegradasi ke Liga 2 Indonesia musim depan. Laskar Wong Kito finish di peringkat 17 – dua posisi terbawah di klasemen akhir, setelah kalah 1-2 di kandang Arema FC akhir pekan lalu.

Dengan lengsernya Sriwijaya FC ke Liga 2 Indonesia, maka klub ‘antidegradasi’ yang ada sejak era ISL lalu harus berkurang satu. Yakni, Sriwijaya FC.

Sebelum ini, Sriwijaya FC tercatat belum pernah terdegradasi sejak kompetisi tertinggi di sepakbola tanah air dimulai dengan era ISL. Mereka bahkan sempat menjadi juara ISL di usim 2011/12.

Semula Tim Bertabur Bintang

Advertisement
advertisement
advertisement

Namun, musim ini SFC catatkan sejarah buruk setelah mereka terdegradasi ke Liga 2 Indonesia musim 2019 mendatang. Pencapaian ini terbilang menyesakkan, karena di awal musim SFC merupakan tim bertabur bintang.

Adpun klub-klub antidegradasi atau yang belum pernah terdegradasi dari Liga 1 Indonesia saat ini, adalah Persija Jakarta, PSM Makassar, Persib Bandung, Arema FC, Persipura Jayapura, Persela Lamongan dan Madura United FC – yang merupakan klub ubahan dari Pelita Jaya. Demikian seperti dilansir dari situs resmi Liga Indonesia.

ISL 2008/09

Persipura, Persiwa Wamena, Persib, Persik Kediri, Sriwijaya FC, Persela, Persija, PSM, Pelita Jaya, Arema FC, Persijap Jepara, Persiba Balikpapan, Bontang PKT, Persitara Jakarta Utara, PSMS Medan, Deltras Sidoarjo, Persita Tangerang dan PSIS Semarang.

Liga 1 2018

Persija, PSM, Bhayangkara FC, Persib, Persebaya Surabaya, Arema FC, Borneo FC, Madura United FC, Barito Putera, PSIS, Bali United, Persipura, Persela, Perseru Serui, PS Tira, Mitra Kukar, Sriwijaya FC dan PSMS Medan.