Alasan Sheikh Jassim Gagal Dapatkan Manchester United dan Sir Jim Ratcliffe yang Masuk

Gila Bola – Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani asal Qatar yang menjanjikan pelunasan utang-utang klub, memodernkan stadion Old Trafford dan pusat latihan Carrington malah gagal mendapatkan Manchester United. Sementara itu Sir Jim Ratcliffe yang hanya membeli 25% saham klub malah menang. Mengapa?

Rumor mengatakan, itu masalah ego orang super tajir. Keluarga Glazers yang sudah sangat kaya tidak mau dipaksa-paksa, diancam-ancam dengan tenggat waktu pembelian, “Besok jawabannya, kalau tidak ya batal!” seperti yang dilakukan Sheikh Jassim.

Sebaliknya, Ratcliffe sepertinya lebih fleksibel. Sudah puluhan tahun melakukan negosiasi bisnis, sang businessman Inggris itu menyatakan hanya ingin memasukkan penawaran 25 persen saja pembelian saham klub yang dimiliki Keluarga Glazers.

Dia menang. Ia diizinkan mengambil alih 25% saham klub untuk apa yang terlihat sebagai tahap paling awal dari pembelian 26 atau 30% saham berikutnya, yang berarti mengambil alih saham mayoritas dan kekuasaan atas klub.

Keluarga Glazers Jual Santai, Sheikh Jassim Gagal Menangkap Sinyal Itu

Kisah pengambilalihan Manchester United ini mirip jual beli kendaraan yang dilakukan sebuah dealer mobil bekas yang memiliki puluhan unit dan menjualnya secara santai. Tidak terburu-buru. Anda tidak mau, ya sudah. Bukan penjualan unit mobil second oleh perorangan yang “kalah oleh kebutuhan” dan ingin cepat-cepat dapat duitnya.

Sikap Sheikh Jassim yang memamerkan kekuatan keuangannya membuat muak Keluarga Glazers yang mungkin ingin memberi pelajaran. Mereka memutuskan untuk terus menaikkan harga penawaran sampai pada level yang tidak ingin dibayarkan oleh sang pengusaha Qatar itu.

Itu merupakan taktik biasa dalam negosiasi bisnis saat kesepakatan harga tidak tercapai dan calon pembeli mundur, bukan ditolak oleh sang penjual.

Bilyuner petrokimia itu sudah mencium gelagat ini sejak awal. Ratcliffe sejak awal dikenal sebagai petualang dan sikap itu menolongnya untuk sedikit lebih rileks dalam menghadapi kegagalan membeli secara penuh saham klub.

Berapa Nilai Penjualan 25 Persen Saham Manchester United?

Diperkirakan harga yang harus dibayarkan Sir Jim Ratcliffe berkisar antara 1,4 sampai 1,5 Milyar pound, setara 28 Triliun rupiah lebih.

Sang investor baru ini lahir dan besar di Failsworth, sebuah kota kaum pekerja di Oldham, yang berbatasan langsung dengan Manchester United. Ia mengkaim sebagai pendukung United sejak kecil.

Apakah kedatangan Ratcliffe akan memberi perubahan besar terhadap klub Setan Merah? Sedikit diragukan. Sahamnya minoritas. Jadi, apa yang akan dilakukannya akan sangat bergantung pada keputusan Keluarga Glazers.

Jika mereka memutuskan membiarkan stadion Old Trafford menjadi tua dan keropos di sana sini, tidak melakukan investasi besar-besaran terhadap skuadnya maka itu juga yang terjadi. Hal inilah yang menyebabkan mayoritas pendukung klub lebih suka Sheikh Jassim yang masuk, bukan Ratcliffe.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!