Alisson Becker Pahlawan Hasil Imbang Liverpool Tadi Malam, No Debat!

Gilabola.com – Liverpool boleh saja menjadi tim yang lebih menyerang dan dominan terhadap bola, tapi Manchester United yang memiliki kesempatan lebih baik di depan gawang khususnya di babak kedua dan Alisson yang akhirnya menjadi penyelamat bagi tuan rumah.

Duel big match Liverpool vs Manchester United berakhir imbang tanpa gol yang mengecewakan di Anfield pada Minggu (17/1) malam WIB, hasil yang justru menguntungkan Manchester City yang bisa merebut puncak klasemen andai memenangkan dua laga di tangan mereka.

Menurut statistik, tuan rumah memiliki 17 tembakan ke gawang yang jauh lebih unggul dari 8 percobaan tim tamu, dengan pasukan Jurgen Klopp juga menguasai hampir 66 persen penguasaan bola atas skuad asuhan Ole Gunnar Solskjaer dengan 34 persen ball possession.

Advertisement

Namun Manchester United (4 on target) memiliki efektivitas tendangan lebih baik daripada Liverpool (3 on target), dengan Alisson Becker harus melakukan penyelamatan besar pada dua tendangan on target terakhir The Red Devils yang hampir saja berbuah gol kemenangan bagi mereka.

Dua penyelamatan awal kiper Brasil itu cenderung mudah. Pertama tendangan Bruno Fernandes dari luar kotak penalti yang tepat mengarah ke pelukan penjaga gawang The Reds, kedua sundulan lemah Paul Pogba dari sepak pojok gelandang Portugal.

Setelah itu Alisson melakukan dua penyelamatan besar beruntun atas peluang mencetak gol United. Pertama dia melakukan save dengan kakinya dari upaya jarak dekat Bruno Fernandes yang menerima umpan tarik dari dalam kotak penalti.

Kedua dari tendangan keras Paul Pogba di sisi kiri pertahanan saat gelandang Prancis itu benar-benar memiliki peluang terbuka. Selain itu mantan kiper Roma juga melakukan penyelamatan penting dengan bereaksi cepat untuk menyapu peluang Marcus Rashford di depan gawang dari kemelut bola mati di pertahanan Liverpool.

Sebenarnya ada peluang yang jauh lebih baik dari Setan Merah ketika Marcus Rashford memimpin serangan balik dan Edinson Cavani berlari bersamanya, tapi dia terlalu lama membawa bola dan egois sehingga bola akhirnya berhasil disapu Fabinho ketika sudah berada di kotak penalti.

Sementara peluang terbaik Liverpool didapat dari tembakan jarak jauh Thiago Alcantara sekitar menit ke-78 yang berhasil ditepis David de Gea. Dua upaya on target The Reds lain adalah melalui Roberto Firmino menit ke-34 dan Trent Alexander-Arnold menit ke-55.

Pada akhirnya kedua tim harus puas dengan hasil imbang tanpa gol karena buruknya penyelesaian akhir kedua tim, selain juga apresiasi untuk performa solid pertahanan mereka yang masing-masing dikawal Fabinho dan Harry Maguire.