Arab Saudi Datang, Tim Liga Inggris Cuan Rp 3,6 Trilyun Dalam 12 Tahun

Arab Saudi Datang, Tim Liga Inggris Cuan Rp 3,6 Trilyun Dalam 12 Tahun

Jika pangeran Arab Saudi ini datang dan melakukan pembelian maka tim Liga Inggris ini akan cuan Rp 3,7 Trilyun hanya dalam waktu 12 tahun saja. Siapa tim yang beruntung itu?

Jual beli tim Liga Inggris bisa sangat menguntungkan asalkan sabar dan ketemu pembeli yang tepat, yang penasaran menancapkan kukunya di kompetisi yang sangat terkenal di seantero muka bumi ini. Arab Saudi datang ke Newcastle United adalah salah satu contoh kasusnya.

Pangeran Mohammed bin Salman dikabarkan tengah mengincar pembelian klub Newcastle United dengan harga Rp 6,09 Trilyun. Harga itu termasuk lumayan tinggi dan premium jika dibandingkan dengan posisi mereka di urutan ke-14 klasemen Liga Inggris.

Sekedar info, pemilik Newcastle saat ini Mike Ashley membeli The Toon pada tahun 2007 dari Freddy Shepherd dan Sor John Hall dengan harga hanya Rp 2,4 Trilyun. Ia sudah berunding selama empat bulan terakhir dengan Pangeran Mohammed bin Salman guna menemukan harga yang cocok di hati kedua belah pihak. Jika deal ini terjadi maka Mike Ashley akan cuan Rp 3,7 Trilyun dalam 12 tahun sejak pembeliannya.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Sang pangeran Arab Saudi itu dua tahun silam terlibat dalam perundingan pembelian Manchester United dengan harga yang tak kira-kira mahalnya, Rp 53,7 Trilyun. Untuk bisa membayangkan harga sebesar itu maka Anda musti tahu anggaran pendapatan (APBN) Indonesia pada tahun 2020 adalah sebesar Rp 2.233 Trilyun. Jadi harga pembelian Manchester United itu sekitar 2,41% dari total pendapatan Indonesia selama tahun 2020 ini.

Pangeran Mohammed bin Salman mencanangkan Visi Arab Saudi 2030, sebuah rencana raksasa untuk mengalihkan ketergantungan luar biasa negeri gurun itu pada minyak bumi dan gas, pada pendapatan tambahan dari dunia pariwisata dan hiburan. Pada akhir 2019 lalu negeri itu membuka diri pada kedatangan turis-turis asing. Negeri yang ultra konservatif itu untuk pertama kalinya mengizinkan laki-laki dan perempuan yang bukan muhrimnya menginap bersama di satu kamar hotel.

Newcastle United baru saja menyelesaikan laga mengecewakan, skor 0-0 pada putaran keempat Piala FA melawan Oxford United. Kini mereka akan dipaksa melakukan laga replay di kandang Oxford dalam waktu beberapa pekan lalu guna memastikan tim pemenang yang akan melaju ke putaran kelima kompetisi tertua di Inggris tersebut.