Arsenal Hilang Semangat Juara Usai Pindah Dari Highbury ke Emirates

Arsenal Hilang Semangat Juara Usai Pindah Dari Highbury ke Emirates

Arsene Wenger menuding Arsenal hilang semangat juara sejak pindah kandang dari Highbury ke stadion baru, Emirates. Sejak saat itu The Gunners gagal meraih titel dan trofi selama bermusim-musim.

Arsenal pindah markas pada tahun 2006 silam, yang memberikan beban finansial yang sangat besar pada klub dengan biaya sebesar Rp 6,9 Trilyun. Selama masa itu dan periode setelahnya, klub London itu kemudian jarang melakukan pembelian besar-besaran. Sementara itu pada periode yang sama konglomerat Rusia keturunan Yahudi, Roman Abramovich, menggelontorkan dana jor-joran pada Chelsea yang saat itu baru dibelinya.

Walau kerap masuk posisi empat besar Liga Inggris, Arsenal hilang semangat juara dan hanya bisa mempersembahkan tiga trofi Piala FA pada musim 2013/2014, 2014/2015 dan 2016/2017. Padahal pembangunan Stadion Emirates awalnya dipicu oleh kesuksesan Arsenal pada akhir tahun 1990-an dengan memenangi Piala FA dan Liga Inggris sekaligus dalam satu musim, tepatnya tahun 1998. Menurut Arsene Wenger, kegagalan membawa semangat di Highbury ke Emirates itulah yang menjadi kegagalan Arsenal dalam meraih kesuksesan.

“Saya pindah dari Highbury, yang [suasananya] serupa seperti Anfield, tapi tidak ada ruhnya di stadion [Emirates],” kata juru taktik asal Perancis ini pada beIN Sports. “Kami membangun stadion baru tapi tidak pernah menemukan semangat itu kembali. Arsenal meninggalkan semangat tersebut di Highbury. Kami tidak pernah bisa mengulang [suasana Highbury di Emirates] dengan alasan keamanan.”

Advertisement
NelayanBet
NelayanBet
Mimpi 4D
Mimpi 4D

“Jarak antara lapangan dengan tribun harus lebih lebar agar ambulan bisa masuk. Kecenderungan kecilnya tribun dengan berbagai hal lainnya membuat Arsenal tidak mampu menciptakan kembali suasana [di Highbury] tersebut.”

Manajer baru Arsenal Mikel Arteta memberikan pujian terhadap para suporter yang mau bersabar walau skuad asuhannya baru meraih sekali kemenangan dalam tujuh pertandingan terakhir. Namun pria asal Spanyol ini berharap para pendukung bisa menciptakan rasa takut bagi tim lawan guna membantu anak asuhnya meraih hasil positif.

“Stadion ini [Emirates] harus menciptakan lagi rasa takutnya [untuk lawan],” ucap Arteta pada Sky Sports.¬†“Dulu saya tidak suka datang ke sini sebagai lawan, dan sekarang kami membutuhkan kekuatan itu. Lawan harus bermain dengan rasa tidak nyaman di sini.”