Arsenal Kehilangan David Luiz di Sisa Musim Ini

Gila Bola – Arsenal bisa kehilangan David Luiz di sisa musim ini. Demikian ungkap Mikel Arteta usai kekalahan 0-3 dari Liverpool di Emirates pada Minggu dini hari 4 April 2021.

Pelatih Mikel Arteta bahkan mengungkapkan, bek veteran asal Brasil itu kemungkinan harus lakukan operasi lutut dan tak bisa memastikan apakah jasanya akan tersedia kembali musim ini.

Luiz bermain penuh selama 90 menit saat The Gunners imbang 3-3 melawan West Ham, sebelum jeda internasional di akhir Maret. Namun ia mengaku lutut kanannya merasa tidak nyaman jelang laga melawan The Reds.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Hingga akhirnya Arteta pun mainkan Rob Holding dan Gabriel untuk gantikan Luiz dan Pablo Mari di posisi bek tengah, saat Arsenal akhirnya kandas 0-3 oleh tiga gol yang disarangkan Liverpool di babak kedua.

Diogo Jota hanya masuk menggantikan Andy Robertson di babak kedua, membuka skor kemenangan The Reds di menit ke-64 – hanya tiga menit setelah ia masuk lapangan.  Skor ini kemudian digandakan Mohamed Salah di menit 68 dan dimantapkan Jota menjadi 3-0 delapan menit sebelum laga berakhir.

Selain sudah kehilangan Luiz sebelum laga, Arteta juga harus melihat Kieran Tierney terpaksa tinggalkan lapangan dalam kondisi cedera. Tentunya ini menjadi situasi buruk bagi The Gunners jelang leg pertama perempat-final Liga Europa mereka melawan Slavia Praha pekan depan.

Arsenal sudah meragukan Tierney, Bukayo Saka, Emile Smith Rowe dan Granit Xhaka untuk tampil di pertandingan tersebut, sebelum menyampaikan update mengenai kondisi David Luiz.

“Kami tidak tahu, ada beberapa kemungkinan yang sedikit lebih konservatif mengenai perawatan cedera yang bisa dijalaninya,” ungkap Arteta saat ditanya apakah mantan bek Chelsea itu harus jalani operasi dan tetap berpeluang bermain lagi di musim ini.

“Kami harus jalani operasi, kami juga sedang bicara dengan dokter yang menanganinya, tapi tampaknya dia bisa absen selama beberapa pekan,” ungkap pelatih 39 tahun itu, seperti dilansir Metro.

“Saya tidak tahu (apakah dia bisa bermain lagi sebelum musim berakhir), itu akan tergantung pada keputusan yang akan kami ambil nanti. Jika pemulihannya bisa dengan cara yang lebih konservatif, pemulihannya bisa cepat. Jika harus lebih radikal, mungkin dia harus absen lebih lama,” tandas pelatih Arsenal asal Spanyol tersebut.