Arsenal Takluk 3-1, Inilah Dua Pemain Dengan Bobot Kesalahan Terbesar

Arsenal Takluk 3-1, Inilah Dua Pemain Dengan Bobot Kesalahan Terbesar

Gila Bola – Arsenal harus mengakhiri rekor sempurna dua kemenangan beruntun mereka di awal musim usai kalah 3-1 dari juara bertahan Liverpool di Anfield, Selasa (29/9) dinihari dan inilah dua pemain yang paling bertanggung jawab untuk kekalahan itu.

Berada dalam tekanan hebat tuan rumah sejak awal laga, Arsenal sempat unggul dulu melalui Alexandre Lacazette pada menit ke-25, tapi kesalahan defensif yang mengerikan membuat gawang Bernd Leno diberondong tiga gol balasan The Reds.

Sadio Mane menyamakan skor tiga menit usai gol pembuka Lacazette, sebelum disusul gol Andy Robertson dan gol pemain anyar yang baru masuk menit ke-80, Diogo Jota, untuk membuat skor menjadi 3-1 bagi keunggulan Liverpool.

Arsenal hanya menguasai 34 persen penguasaan bola dan empat tembakan on target di Anfield, dan berikut adalah rating pemain mereka usai menelan kekalahan pertamanya musim ini.

  • Bernd Leno 6,5 : Kebobolan tiga gol, tapi gawang Arsenal bisa kebobolan lebih banyak jika bukan karena Bernd Leno. Kiper Jerman itu melakukan banyak sekali penyelamatan krusial (5) bagi timnya, dengan gol-gol ke gawangnya lebih merupakan kesalahan para pemain belakang.
  • Rob Holding 6,5 : Tampak menjadi bek terbaik Arsenal saat ini meski sempat akan dipinjamkan. Mampu menangani ancaman Sadio Mane dengan baik dan banyak melakukan blok penting, bahkan ketika dia melakukan kesalahan.
  • David Luiz 6 : Tampil solid di belakang dan mencegah sundulan Virgil van Dijk untuk masuk ke gawang Bernd Leno pada menit-menit pertama pertandingan tadi malam di Anfield. Sayangnya performa hebatnya akan terhapus oleh nila setitik, usaha clearance dengan sundulan kepala yang malah berujung pada gol Diogo Jota menit 88.
  • Kieran Tierney 5,5 : Sudah didorong Granit Xhaka untuk menutup ruang lari Mohamed Salah, tapi bek 23 tahun itu telat merespons dan membuatnya dikalahkan penyerang Mesir untuk mengawali gol penyeimbang tuan rumah. Ini sekaligus menjadi titik balik kebangkitan The Reds dan kekalahan Arsenal.
  • Hector Bellerin 6 : Lebih gigih pada babak kedua dan menampilkan pertahanan yang tangguh, tetapi jarang menawarkan ancaman serangan.
  • Ainsley Maitland-Niles 6 : Mengawali terciptanya gol pembuka Arsenal. Namun pada sebagian besar permainan, Maitland-Niles kesulitan menghidupkan sisi kiri lini serang Arsenal dan sangat direpotkan oleh Mohamed Salah saat bertahan.
  • Mohamed Elneny 6 : Rapi dalam penguasaan bola, tenang dan mampu berkelit di tengah tekanan pemain Liverpool. Kurang bisa memberikan dampak lebih pada serangan ketika Arsenal terus dikurung oleh para pemain tuan rumah.
  • Granit Xhaka 6 : Bekerja ekstra keras menutup pertahanan namun sempat nyaris membuat kesalahan usai gol penyeimbang Sadio Mane, beruntung tidak membahayakan gawang Bernd Leno secara langsung.
  • Willian Borges 6 : Mengirim umpan terobosan yang seharusnya berujung gol oleh Alexandre Lacazette dan berbuat kesalahan tidak mengawal Andy Robertson untuk gol kedua Liverpool.
  • Pierre-Emerick Aubameyang 6 : Namanya jarang terdengar karena kurangnya dukungan, bahkan membuatnya tidak melakukan satu pun tembakan sepanjang laga.
  • Alexandre Lacazette 6,5 : Satu-satunya pemain Arsenal yang melakukan tembakan tepat sasaran (3 kali). Tapi membuang dua peluang emas beruntun ketika tinggal berhadapan dengan Alisson, yang harusnya bisa mengubah hasil bagi timnya.