Ashley Cole Bongkar Rahasia Bikin Lionel Messi Tak Pernah Jebol Gawang Chelsea

Gilabola.com – Selama masa bermainnya bersama Arsenal dan Chelsea, Ashley Cole dikenal sebagai salah satu bek kiri terbaik di dunia karena kemampuan defensifnya yang mengesankan sehingga tidak banyak penyerang yang bisa mengalahkannya.

Salah satu fakta menarik tentangnya adalah bahwa selama delapan tahun waktu Ashley Cole di Stamford Bridge, superstar Barcelona Lionel Messi tidak pernah sekalipun bisa mencetak gol melawan Chelsea, menunjukkan betapa tangguh kualitas defensif mantan bek internasional Inggris itu.

Ketika ditanya apa rahasia bisa menghentikan Lionel Messi? Mantan bek sayap itu memilih merendah, mengatakan bahwa itu bukan hanya dia yang menghentikan pemain terhebat dalam sejarah tersebut, melainkan berkat kerjasama dan pengertian tim yang sangat besar.

Advertisement
K9Win
K9Win

“Bukan hanya saya!” kata Ashley Cole dalam sebuah wawancara dengan Goal sebagai bagian dari Tur Trofi Liga Champions Nissan. “Itu memang tidak mudah, tapi kerja tim benar-benar luar biasa. Ketika harus menghentikan pemain seperti dia, kami membutuhkan pengertian dan kerjasama tim di Chelsea.”

“Barisan lini tengah kami juga merupakan bagian penting dari upaya untuk menghentikan Lionel Messi. Jadi itu bukan hanya saya. Saya tidak akan mengatakan bahwa pencapaian semacam itu adalah berkat usaha saya sendiri.”

Ashley Cole kemudian diminta menyebutkan perpaduan skill pemain yang akan membentuk pemain impian baginya. Mantan bek Arsenal dan Chelsea itu kemudian memilih stamina Cafu, kaki kanan Cristiano Ronaldo, kaki kiri Arjen Robben, dan skill Ronaldinho.

Soal memilih mantan kapten Brasil untuk staminanya, Ashley Cole mengatakan, “Saya pikir saya memiliki energi yang bagus tetapi ketika saya melawannya, saya benar-benar dibuat kepayahan! Saya bahkan kemudian bermain melawan dia dalam pertandingan amal untuk David Beckham dan saya tidak tahu berapa usianya saat itu, tetapi dia masih memiliki stamina yang dia miliki pada usia 20 atau 25 tahun! Dia adalah mesin yang tak bisa dihentikan.”

Kemudian, saat menjelaskan pilihannya untuk kaki kiri Arjen Robben, legenda dengan 107 caps bersama timnasĀ The Three LionsĀ itu mengakui, “Saya bermain melawan dia untuk Roma dan dia benar-benar menghancurkan saya!”

Soal kaki kanan, sebenarnya Ashley Cole ingin memilih David Beckham karena kualitas umpannya yang luar biasa, tapi dia akhirnya memilih Cristiano Ronaldo yang berkali-kali dihadapinya selama megabintang Portugal itu masih bermain bersama Manchester United.

“Saya akan mengatakan David Beckham di sini, karena saya pikir dia punya kemampuan mengirim umpan jauh yang brilian, tapi saya pikir saya akan memilih Ronaldo,” jelasnya. “Kualitas kaki kanannya, kualitas tembakannya dari setiap sudut dan jarak yang berbeda, kualitas tendangan bebasnya dengan menekuk bola, dia luar biasa. Dia adalah salah satu pemain yang tidak bisa Anda beri ruang.”

Terakhir Ashley Cole mengagumi Ronaldinho yang dia sebut sebagai penyerang paling terampil yang pernah dia hadapi, dengan legenda Inggris itu mengatakan, “Meskipun saya melawan dia, kadang-kadang saya akan tertawa sendiri ketika dia mengeluarkan keterampilan gila atau menipu seseorang. Bahkan saat Anda bermain melawannya, Anda senang melihatnya bermain.”