Asian Games Bisa Hancurkan Karir Bintang Tottenham Hotspur

Son Heung-min, Tottenham Hotspur
Jika Son Heung-min gagal meraih emas di Asian Games 2018 maka ia dipaksa menjalani wajib militer selama hampir 2 tahun di Korea Selatan, sesuatu yang bisa mengakhiri karir sepak bolanya

Gilabola.com – Bintang Tottenham Hotspur Tottenham Hotspur Son Heung-min bisa menghancurkan karir sepakbolanya jika gagal membawa Korea Selatan juara di Asian Games 2018 di Indonesia.

Jika Son Heung-min dan timnas Korea Selatan tidak mampu membawa pulang medali emas cabang sepak bola Asian Games maka pemain berusia 26 tahun tersebut akan menghadapi tugas wajib militer di negaranya selama hampir dua tahun.

Wajib militer selama dua tahun adalah sebuah pukulan telak bagi karir si pemain, tim nasionalnya dan klubnya, Tottenham Hotspur. Ia akan kembali ke White Hart Lane pada usia mendekati 30 tahun, cukup terlambat untuk memulai karir sepak bolanya lagi.

Son mengucapkan selamat tinggal kepada rekan-rekannya di Spurs setelah kemenangan laga perdana Liga Inggris di Newcastle United, Sabtu (11/8), dan terbang sejauh 12.000 km ke Jakarta untuk tampil di Asian Games, di bawah kesepakatan khusus yang ditengahi oleh klub.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Sebagai top skorer Liga Inggris sepanjang masa untuk pemain Asia, dan selebriti besar di negara asalnya, dia pasti akan menjadi bintang terbesar turnamen sepak bola Asian Games.

Tapi lebih dari sebuah kemenangan timnas dipertaruhkan. Hampir setiap laki-laki dewasa Korea Selatan yang secara fisik mampu – terlepas dari kekayaan atau ketenarannya – diharuskan untuk mendaftar wajib militer pada usia 28 tahun di militer, setidaknya selama 21 bulan.

Son saat ini sedang mencari cara untuk mendapatkan pengecualian yang langka untuk ikut wajib militer, yang hanya bisa diberikan untuk olahragawan elit seperti peraih medali Olimpiade atau Piala Dunia. Di Asian Games, hanya raihan medali emas cukup untuk menghindarinya dari tugas wajib militer.

Sementara Korea Selatan memasuki Asian Games sebagai favorit juara, turnamen ini menampilkan kontestan Piala Dunia 2018 seperti Jepang, Arab Saudi dan Iran.

Namun tidak seperti negara-negara pesaing tersebut, Korea Selatan telah membawa tiga pemain berusia di atas 23 tahun dalam skuad mereka dan mereka memboyong bintang-bintang terbesarnya.

Klub Son, Tottenham, telah menunjukkan kesediaan untuk berkompromi, meskipun tahu striker produktif mereka tersebut bisa absen pada pertandingan Liga Inggris melawan Fulham, Manchester United dan Watford jika timnya mencapai final.