Berpeluang Kembali ke Kasta Kedua, Newcastle Harus Lepas Sembilan Pemain

Gilabola.com – Newcastle berada pada posisi sulit dan berpeluang kembali ke Championship musim depan. Mereka harus menang di semua pertandingan tersisa jika ingin bertahan di kompetisi teratas Inggris.

Taktik The Magpies berubah menjadi lebih baik sejak kedatangan asisten pelatih Graeme Jones, di mana mereka berhasil mengklaim beberapa kemenangan besar di laga melawan Everton dan Southampton dalam beberapa pekan terakhir.

Namun mereka benar-benar harus bisa kantongi enam poin dalam dua pertandingan mendatang, yakni laga kandang kontra Wolves dan saat mereka tandang ke West Brom.

Advertisement
K9Win
K9Win

Formasi racikan Steve Bruce yang tak konsisten dan gaya bermain yang sangat bertahan membuat Newcastle berada di lubang yang dalam, meskipun beberapa pemain tunjukkan kontribusi dan permainan bagus musim ini.

Jika beberapa pemain the Magpies tunjukkan permainan yang ngotot dan bisa diandalkan di lapangan, sebagian pemain lainnya justru tak jelas apa yang mereka perbuat untuk klub.

Mengeluarkan sembilan pemain tentunya akan membuat klub itu benar-benar sibuk pada musim panas mendatang. Hal itu kemungkinan juga akan sangat sulit dan tak realistis, karena semusim ini tim bermain secara tertutup.

Namun Newcastle yang sudah berdiri sejak 128 tahun lalu itu memang sangat membutuhkan transformasi besar musim panas mendatang, dan hal itu harus dimulai dari manajer. Lalu, sembilan pemain harus mencari klub baru, mereka adalah Jamaal Lascelles, Fabian Schar, Emil Krafth, Jonjo Shelvey, Sean Longstaff, Matt Ritchie, Christian Atsu, Andy Carroll, dan Joelinton.

Beberapa nama yang masuk dalam daftar itu memang cukup mengejutkan, sementara yang lainnya memang harus dilepas klub. Pemain yang barangkali paling nonjol di skuad Bruce dan akan tetap dilepas Magpies adalah Jamaeel Lascelles.

Lascelles memang berikan dampak positif kepada timnya di lapangan, meskipun menurut Newcastle Toons, dia tetap salah satu kapten terburuk yang pernah memimpin klub tersebut. Alasannya, Lascelles bukan seorang pemimpin yang vokal, yang seringkali bersikap ‘yes’ man.

Sedangkan Matt Ritchie, gelandang berkerah biru yang berusaha tampil maksimal di setiap pertandingan. Sayangnya, dia melorot di urutan permainan Newcastle, hingga dampak yang berusaha ditimbulkannya di skuad Bruce kini sudah semakin turun. Sejauh ini, Ritchie terus dikabarkan menjadi pemain yang ingin tinggalkan St James’ Park.

Sedangkan Jonjo Shelvey, menjadi pemain yang paling membuat suporter The Magpies sakit kepala. Pemain lincah ini bisa mempengaruhi hasil pertandingan saat dia siap untuk itu, tapi penampilannya sangat tidak konsisten, apalagi saat ia mendapat tugas di lini belakang, tak menyenangkan untuk ditonton.

Saat ini menjadi momen yang tepat bagi klub untuk melempar Shelvey ke bursa transfer. Mereka juga harus bekerja keras untuk lakukan hal sama terkait Sean Longstaff.

Sementara itu klub harus gelontorkan biaya yang berbeda untuk Andy Carroll dan Joelinton, yang bahkan bisa terpaut hingga 40 Juta Pounds. Namun, kedua pemain itu memiliki kesamaan, yakni sama-sama TIDAK BERGUNA bagi Newcastle! Carrol dinilai lamban di lapangan dan rencan cedera, sedangkan Joelinton benar-benar tak bisa beradaptasi dengan perannya sebagai striker di klub tersebut.

Para pemain ini memang harus pergi. Jika klub Tyneside itu kekurangan uang, hal itu juga menjadi salah satu cara bagi mereka untuk mengantongi dana yang mereka butuhkan. Klub harus melepas beberapa pemain dan datangkan para pengganti mereka, serta berusaha menegosiasikan peluang pemain pinjaman agar dapatkan kesepakatan yang tak terlalu mahal.