Cardiff City Diminta Bayar Transfer Emiliano Sala Usai Jenasahnya Ditemukan

Cardiff City Diminta Bayar Transfer Emiliano Sala Usai Jenasahnya Ditemukan

Nantes meminta Cardiff City tetap bayarkan dana transfer Emiliano Sala sebesar 15 juta Poundsterling (Rp275 miliar), setelah para penyelam menemukan satu jenasah yang diduga penyerang asal Argentina itu di antara reruntuhan pesawat di dasar laut Selat Inggris.

Pada Senin (4/2) lalu tim penyelamat berhasil menemukan reruntuhan pesawat di wilayah perairan Kepulauan Channel, Inggris. Selain bangkai pesawat, terlihat pula tubuh salah satu korban yang terjepit di bawahnya dan diduga sebagai jenasah Emiliano Sala. Satu jenasah tersebut telah diangkat dan tengah diotopsi untuk diketahui identitasnya.

Tampaknya, urusan di antara kedua klub yang terlibat transfer Emiliano Sala belum selesai. Klub Ligue 1, Nantes, kini menuntut pembayaran dari Cardiff City atas transfer penyerang berusia 28 tahun itu. Demikian diungkapkan BBC.

Sala berada di dalam pesawat jenis Piper Malibu yang secara tragis dinyatakan hilang di Selat Inggris, saat ia berangkat ke Cardiff City. Ia baru saja akan bergabung dengan klub Liga Premier, setelah menyelesaikan kesepakatan kontraknya Januari lalu. Selain Sala, di dalam pesawat yang naas itu terdapat juga pilot Dave Ibbotson.

Pecahan Rekor Transfer Cardiff

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Striker asal Argentina itu pecahkan rekor transfer Cardiff City, di mana ia melampaui bayaran 11 juta Pounds yang sebelumnya dikeluarkan klub Wales tersebut saat datangkan gelandang Gary Medel dari Sevilla pada 2013 lalu.

Saat kejadian terjadi, Cardiff belum melakukan pembayaran transfer Sala. Nantes kemudian memberi tekanan ekstra pada pihak Liga Premier itu dengan meminta pembayaran pertama, Kamis (31/1) pekan lalu.

Nantes bahkan mempertimbangkan tindakan hukum jika mereka tidak dapatkan uang transfer Sala tersebut dalam waktu 10 hari ke depan.

Cardiff Bersedia Patuhi Kesepakatan Sampai Semuanya Jelas

Biaya transfer disepakati kedua klub untuk dibayarkan selama tiga musim, di mana Sala akan dapatkan tambahan sebesar enam ribu Pounds dalam kesepakatan sebesar 44 ribu Pounds (Rp808 juta) per pekan – besaran upah yang juga ia kantongi di Nantes.

Cardiff siap menghormati kesepakatan itu tapi enggan lakukan pembayaran sampai mereka tahu ‘semua fakta’ mengenai kecelakaan yang menimpa Sala.

Sala lakukan transfer ke Liga Premier untuk mengembangkan karirnya, dan kemungkinan menggunakan Cardiff sebagai batu loncatan. Saat kejadian, pemain yang baru saja diperkenalkan Cardiff City itu kembali ke Nantes, untuk mengucapkan selamat tinggal kepada rekan-rekan satu timnya.

Cardiff Dipastikan Alami Kerugian Besar

Dia memberi kesan, tidak sepenuhnya ingin meninggalkan Prancis. Tapi sempat mengatakan kepada salah seorang rekannya di Nantes bahwa ‘sepakbola adalah bisnis’.

Menurut Mail, Cardiff dipastikan alami kerugian besar sekitar 14 juta Pounds akibat insiden ini, bahkan setelah mereka lakukan pembayaran asuransi. Mereka memang dijamin asuransi kecelakaan sebesar 16 juta Pounds, tapi mereka tetap harus menanggung biaya agen, bonus dan biaya tambahan lainnya yang bisa mencapai 30 juta Pounds (Rp551 miliar).