Carlo Ancelotti Kini Sudah 8 Kali Menang Lawan Liverpool, Termasuk Saat di Real Madrid, Milan, Chelsea, Napoli

Gila Bola – Perkenalkan wajah paling dibenci pendukung Liverpool tadi malam. Usai menang 0-2 di Anfield pada Minggu dinihari (21/2), Carlo Ancelotti sudah mencatatkan delapan kemenangan atas The Reds sepanjang sejarah hidupnya sebagai manajer Real Madrid, Napoli, Chelsea dan AC Milan.

Everton untuk pertama kalinya dalam 11 tahun menang atas Liverpool saat mengalahkan skuad Juergen Klopp itu dengan gol Richarlison dan sepakan penalti Gylfi Sigurdsson pada pertandingan Premier League, Minggu. Itu juga kemenangan pertama the Toffees di Anfield dalam 30 tahun terakhirnya.

Advertisement
K9Win
K9Win

Don Carlo sepanjang karirnya sebagai pelatih sudah menjumpai Liverpool sebanyak 16 kali, menang delapan, imbang tiga kali dan kalah lima kali. Kekalahan pertamanya terjadi justru saat berjumpa pertama kali melawan raksasa Merseyside itu pada Mei 2005 sebagai manajer AC Milan. Anda pasti ingat peristiwa apa itu, final Liga Champions 2005 saat satu gol dari Paulo Maldini dan dua dari Hernan Crespo dibalas dengan gol-gol dari Steven Gerrard, Vladimir Smicer dan Xabi Alonso, memaksa laga dilanjutkan ke extra time 2×15 menit dan adu penalti. Liverpool menang 5-6 pada adu penalti itu.

Tidak heran jika setelah itu Carlo Ancelotti selalu bertekad untuk membalaskan dendam pada Liverpool. Ia memenangkannya pada kesempatan pertama, juga di final Champions League tahun 2007, saat dua gol dari Filippo Inzaghi tak bisa dibalaskan oleh satu gol Dirk Kuyt.

Saat menangani klub London biru, Chelsea, sang manajer Italia dua kali mengalahkan Reds pada musim 2009/2010, keduanya dengan skor sama persis 2-0. Demikian pun dalam dua periode karir berikutnya di Real Madrid dan Napoli, Ancelotti menang empat kali, imbang dua dan kalah satu.

Dua kesempatan pada laga penyisihan grup pada Champions League 2014/2015 diselesaikannya dengan kemenangan 0-3 di Anfield dan 1-0 di Bernabeu. Setelah itu bersama Napoli, mereka berhasil mencoreng satu kekalahan dalam perjalanan Reds ke final dengan Partenopei menang 1-0 di Italia sebelum dibalas dengan skor sama di Anfield. Musim selanjutnya di ajang Liga Champions, ia membawa anak buahnya menang 2-0 atas Liverpool di San Paolo sebelum imbang 1-1 di Anfield.

Dan sebagai manajer the Toffees, pelatih Italia 61 tahun kelahiran 10 Juni 1959 itu sudah menang satu kali, tadi malam dengan skor 0-2 di Anfield, selain imbang dua kali pada 17 Oktober 2020 (2-2) dan 21 Juni 2020 (0-0) setelah perjumpaan pertama mereka di Liga Inggris usai dengan kekalahan 1-0 di ajang putaran ketiga Piala FA, 5 Januari 2020.