Chelsea Dilarang Rekrut Pemain Hingga Musim Panas 2020

Berita Chelsea Dilarang Rekrut Pemain Hingga Musim Panas 2020

Gilabola.com –  Chelsea dilarang rekrut pemain hingga musim panas 2020 setelah FIFA menemukan bukti pelanggaran dalam perekrutan pemain di bawah usia 18 tahun.

Chelsea sebelumnya baru teken kontrak Christian Pulisic dari Borussia Dortmund pada Januari lalu, dan meminjamkannya kembali ke klub lamanya hingga musim panas mendatang. Selanjutnya, Chelsea dilarang rekrut pemain baru hingga pertengahan tahun 2020 mendatang.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Namun, pihak Chelsea menyatakan, mereka akan ajukan banding terkait sanksi yang dijatuhkan FIFA ini.

FIFA menyatakan, Chelsea telah terbukti bersalah karena melanggar pasal 19 dalam regulasi mengenai rekrutmen pemain kanak-kanak, saat the Blues datangkan 29 pemain berusia di bawah 18 tahun. Selain itu, Chelsea juga dinyatakan telah bersalah karena lakukan beberapa pelanggaran lain yang terkait persyaratan pendaftaran pemain.

Chelsea Dimungkinkan Pengaruhi Klub Lain

Dalam pernyataannya, FIFA menyatakan the Blues juga telah ‘melanggar pasal 18bis terkait dengan dua kesepakatan yang disimpulkan tentang rekrutmen pemain kanak-kanak yang masih di bawah umur, dan telah memungkinkan Chelsea untuk mempengaruhi klub lain dalam masalah yang terkait transfer’.

Selain Chelsea dilarang rekrut pemain baru dalam dua bursa transfer mendatang, mereka juga dijatuhi sanksi denda sebesar 460 ribu Poundsterling (sekitar Rp8,5 miliar) dan mendapat waktu hanya 90 hari untuk ‘mengatur situasi para pemain yang bersangkutan’.

Bulan lalu, FIFA telah lakukan penyelidikan terhadap transaksi transfer pemain yang dilakukan Chelsea telah meluas, dan lakukan pemeriksaan terkait pengaturan lebih dari 100 pemain asing di bawah usia 18 tahun.

Pesepakbola Kanak-kanak Hanya Trial dan Latihan

Meski demikian, klub itu mengatakan, banyak kasus individu yang disorot FIFA dan sebenarnya hanya melibatkan para pemain yang lakukan trial serta latihan jangka pendek. Seluruh pemain itu, menurut pihak the Blues, sama sekali belum teken kontrak apapun bersama mereka.

Dalam situs resminya, Chelsea menyatakan telah ‘bertindak sesuai peraturan yang berlaku’ dan mereka ‘sangat kecewa’ dengan keputusan FIFA tersebut. “Chelsea FC hari ini telah menerima keputusan dari komite disiplin FIFA, terkait dugaan pelanggaran peraturan transfer pemain internasional di bawah usia 18 tahun yang diberlakukan FIFA selama ini,” demikian pernyataan Chelsea tersebut.

“Chelsea FC tegas membantah kesimpulan komite disiplin FIFA itu, dan akan mengajukan banding atas keputusan tersebut,” lanjut pernyataan itu.