Gareth Southgate Langsung Tolak Peluang Latih Chelsea

Chelsea Ditolak Gareth Southgate

Gilabola.com – Gareth Southgate belum-belum sudah menolak tawaran menjadi pelatih yang disodorkan Chelsea, karena ingin memegang komitmennya pada Timnas Inggris.

Chelsea memang harus cari pelatih baru jika Maurizio Sarri benar-benar hengkang ke Juventus. Lalu, Southgate pun diberitakan jadi pelatih incaran the Blues yang dinilai pas gantikan Sarri.

Namun, Southgate membantah rumor akan pindah ke markas the Blues dan gantikan posisi Maurizio Sarri yang dilaporkan tinggal selangkah lagi tinggalkan klub London barat itu untuk gabung Juventus.

Lowongan kosong di Stamford Bridge berpeluang untuk diperebutkan seiring dengan terus berkembangnya kabar bahwa Sarri akan teken kontrak tiga tahun di Juve, jika ia sepakat gantikan Massimiliano Allegri.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Sementara Gareth Southgate, yang terikat kontrak hingga 2022 setelah Timnas Inggris bersinar di Piala Dunia Rusia tahun lalu, disebut-sebut berpeluang gantikan manajer Chelsea yang juga mantan pelatih Napoli tersebut. “Tidak ada jalan bagi saya untuk tinggalkan Timnas Inggris pada momen ini, di saat yang seperti ini,” tegas Southgate membantah rumor tersebut, seperti dilansir AS.

Tak Tertarik Kembali ke Klub

Di samping itu, pelatih berusia 48 tahun itu juga tegaskan, ia tak tertarik untuk kembali mengasuh klub, termasuk the Blues. Southgate terakhir kali menangani Middlesbrough pada 2009 lalu. Ia sukses membawa Inggris menempati peringkat tiga di final Uefa Nation League, setelah kalahkan Swiss dalam adu penalti yang berakhir dengan skor 6-5 (0-0), Minggu (9/6).

“Tidak. Saya akan berkomitmen besar pada Inggris, itu saja alasannya,” tambah Southgate.

“Saya tidak perlu bertaruh untuk menjaga kans itu terbuka atau tetap hidup. Tidak mungkin saya meninggalkan Inggris saat ini, dan mengambil pekerjaan lain, apapun itu,” tandasnya.

Siap-siap Hadapi Piala Eropa

“Satu-satunya yang ada di pikiran saya adalah, kami masih punya jadwal berat di Kejuaraan Eropa musim panas mendatang dan kami harus terus meningkatkan kualitas permainan tim ini, menjadi tim terbaik yang bisa kami berikan untuk negara,” ujarnya.

“Kami membawa 20 ribu fans ke Portugal yang menakjubkan, ini jadi pertanda keterlibatan mereka dengan tim dan keyakinan pada apa yang kami coba lakukan. Jadi, kenapa saya harus terburu-buru meninggalkan kesempatan ini, dan kans untuk memengaruhi bukan hanya pada sepakbola, tapi juga peran yang lainnya? Fokus utama saya, hanyalah menghasilkan tim terbaik untuk Inggris,” tegas Gareth Southgate.

Chelsea kemungkinan besar akan memulai musim depan – dan juga tur pramusim mereka, bersama pelatih baru. Sarri memang sempat menyatakan betah bersama the Blues dan juga Liga Inggris, namun karirnya yang bergejolak di Inggris dan ketertarikan Juventus yang cukup besar diperkirakan mampu membuat Sarri, akhirnya, tinggalkan Inggris walau baru satu musim mencicipi dahsyatnya persaingan di Liga Premier.