Chelsea Tukang Pecat, Berapa Lama Frank Lampard Akan Bertahan?

Chelsea Tukang Pecat, Berapa Lama Frank Lampard Akan Bertahan?

Chelsea tukang pecat pernah memberhentikan manajer setelah hanya 22 dan 27 laga. Berapa lama Frank Lampard akan bertahan di Stamford Bridge?

Legenda Frank Lampard dilaporkan tengah dalam negosiasi menjadi pelatih The Blues berikutnya. Dengan reputasi Chelsea tukang pecat diragukan bahwa ia akan memiliki waktu yang cukup panjang untuk membenahi tim dan merebut trofi.

Klub yang dimiliki oleh Roman Abramovich itu pernah memberhentikan manajer hanya dalam waktu 22 dan 27 pertandingan saja, masing-masing atas nama Guus Hiddink pada tahun 2009 dan 2016. Setelah itu rekor terpendek dipegang oleh Luiz Felipe Scolari (2009) dan Andre Villa-Boas (2012) dengan masing-masing 36 dan 40 laga.

Selain itu masih ada Roberto di Matteo dan Rafael Benitez yang diberi nafas sampai 42 dan 48 pertandingan, selain Avram Grant 54 laga. Sadis, kan.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

The Special One Jose Mourinho masih memegang rekor sebagai pelatih dengan masa kerja terlama di Stamford Bridge, dengan 185 dan 136 pertandingan masing-masing sebelum akhirnya diberhentikan di tahun 2007 dan 2015. Konon itu berkat jasa si wanita besi Marina Granovskaia, tangan kanan dan orang kepercayaan Roman Abramovich.

Sejak masuknya sang milyuner Rusia itu 16 tahun silam ke Stamford Bridge, sudah ada 13 manajer berbeda mengadu nasibnya di sana dengan hasil yang berbeda-beda. Setelah pemecatan Claudio Ranieri pada akhir musim pertama Abramovich di Inggris, Jose Mourinho tiba dan bertahan selama tiga musim, dengan total 185 pertandingan.

Sejak 2003-04, rata-rata jumlah pertandingan yang berhasil dilakoni oleh manajer Liga Inggris mana pun hanyalah 60 laga. Dan meski pun ada kesan Chelsea tukang pecat, The Blues entah bagaimana cukup lama juga rata-rata per manajernya, yaitu 71 pertandingan per manajer.

Total 71 laga per pelatih itu tercoreng oleh fakta dua periode berbeda dari Guus Hiddink yang hanya 22 laga di tahun 2009 dan 27 pertandingan pada musim 2015-2016.

Hanya empat pelatih dari 13 orang itu yang cukup menyenangkan hati Roman Abramovich: Mourinho (185 dan 136 pertandingan), Carlo Ancelotti (109), Antonio Conte (106) dan Maurizio Sarri (63).

Jadi dengan Frank Lampard semakin mendekat menjadi pelatih Chelsea berikutnya, ia hanya memiliki waktu rata-rata 71 pertandingan untuk membuktikan dirinya sebelum sang pemilik asal Rusia itu memecatnya. 71 laga itu tidaklah banyak. Maurizio Sarri yang baru saja pergi ke Juventus memiliki kurang dari setahun untuk melakukannya.