Claude Makelele Akui Chelsea Dulu Jadi Pede Karena Jose Mourinho

Berita Liga Inggris - Claude Makelele masih mengenang masa di Chelsea bersama pelatih Manchester United saat ini, Jose Mourinho.
Berita Liga Inggris - Claude Makelele masih mengenang masa di Chelsea bersama pelatih Manchester United saat ini, Jose Mourinho.

Gilabola.com – Claude Makelele mengakui jika klub Liga Inggris Chelsea dulu berubah jadi pede alias percaya diri karena jasa Jose Mourinho. Mereka kerap tak yakin bisa menang saat bertemu tim-tim terkenal.

Kondisi Jose Mourinhho di Manchester United saat ini sedikit banyak dibela oleh Claude Makelele. Mantan pemain ternama itu bagai menjelaskan jika pemain Setan Merah seharusnya mendengarkan apa kata Mourinho. Ia lantas membeberkan kenangan lain soal manajer yang amat berbeda saat bersama Chelsea.

Giboler’s pasti masih ingat saat Jose Mourinho bergabung dengan Chelsea di periode pertama pada musim panas 2004 silan. Hal itu terjadi satu tahun setelah Claude Makalele datang dari kubu Real Madrid.

Saat Mou dan Makelele datang, Chelsea lagi miskin gol selama empat tahun lamanya. Kehebatan Mourinho lantas bisa merubahnya dengan berbalik dapatkan gelar juara Premier League secara beruntun.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Suasana ruang ganti saat ia datang sangat tidak menyenangkan karena para pemain yang ada saat itu sama sekali tidak percaya diri, Makalele heran karena tak menemukan situasi itu saat bermain bersama Real Madrid.

Claude Makelele jadi banyak belajar dari Jose Mourinho

“Waktu saya mendarat di Chelsea, saya langsung melihat suasana yang sangat mengejutkan di ruang ganti. Ada dua tim besar waktu itu yaitu Manchester United dan Arsenal. Setiap kali kami akan menghadapi mereka semua, banyak yang mengoceh, ‘lawan mereka pasti akan sulit menang’,” kenang Makelele melalui Sky Sport.

“Apa iya? Masak kita tak bisa mengalahkan tim seperti Arsenal? Tim kami minder dan itu mengejutkan saya. Ketika saya menghadapi itu, saya ingin seluruh anggota tim berbalik percaya diri dan bilang, ‘Tidak, kita mungkin menang lawan mereka’,” lanjut Makelele.

“Kami (Makelele dan Mourinho) sukses mengubah mental dan setelah itu kami jadi bisa mengalakan mereka dan bertarung untuk mendapatkan trofi Premier League. Saya artinya jadi belajar banyak dari seorang Jose Mourinho tentang bagaimana seharusnya menjadi kompetitor.”

“Dia jadi membuat saya bisa mengenal sepakbola dengan sudut pandang yang berbeda. Sepakbola bukan sekadar kegembiraan saja karena dia jadi membuat kalian paham apa sepakbola itu secara sosial, kerja sama tim, hubungan dengan fans, hubungan dengan media, dan lain-lain,” pungkasnya.