Demi Christian Pulisic, Thomas Tuchel Ubah Formasi Chelsea vs Leeds Malam Ini

Gila Bola – Untuk pertama kalinya di era Thomas Tuchel, Chelsea menurunkan formasi empat bek setelah selalu bermain dengan tiga bek tengah sejajar sejak menjalani debut melawan Wolves pada akhir Januari lalu.

Dalam laga melawan Leeds United di Elland Road pada Sabtu (13/3) malam WIB ini, Thomas Tuchel secara mengejutkan mengganti taktiknya ke formasi 4-2-3-1 dengan Andreas Christensen dan Antonio Rudiger bermain sebagai duet bek yang diapit Ben Chilwell dan Cesar Azpilicueta.

Sepertinya perubahan taktik bos Jerman ini mungkin ada kaitannya dengan Christian Pulisic, yang belum pernah diturunkannya di Premier League sejak menggantikan Frank Lampard pada Januari awal tahun ini.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Usai kemenangan 2-0 atas Everton di pekan ke-28 Liga Inggris pada Selasa (9/3) dini hari WIB, Thomas Tuchel mengakui bahwa dirinya tidak berlaku adil karena tak banyak memberikan kesempatan bermain pada Christian Pulisic, mantan anak asuhnya selama di Borussia Dortmund.

“Saya tidak bisa mengatakan apa-apa kecuali hal baik soal Christian Pulisic,” katanya kala itu. “Mungkin saya belum bersikap tidak adil padanya. Pulisic kurang beruntung dalam beberapa laga terakhir, bukan karena saya tidak percaya dengan kualitasnya, dia hanya perlu bersabar untuk mendapatkan waktu bermainnya.”

Kini melawan Leeds United, Thomas Tuchel akhirnya mengubah formasinya demi memfasilitasi Christian Pulisic untuk kembali ke starting XI Chelsea, dengan dia bermain di sebelah kiri favoritnya, didukung Mason Mount di tengah dan Hakim Ziyech di sayap yang akan menyuplai Kai Havertz sebagai penyerang no sembilan palsu.

Satu alasan lagi mengapa bintang Amerika Serikat akhirnya mendapatkan kesempatan starter mungkin karena belakangan ini muncul rumor bahwa pemain berusia 22 tahun itu ngambek dan bersedia angkat kaki dari Stamford Bridge jika dia masih terus diabaikan di bangku cadangan.

Sejauh musim ini, Christian Pulisic baru sembilan kali turun sebagai starter dalam 18 penampilan di Premier League, semua penampilan starternya saat masih berada di bawah asuhan Frank Lampard. Karena berbagai masalah cedera, produktivitasnya menurun drastis, baru mencetak satu gol dan satu assist di kompetisi domestik.