Diminati Barcelona, Begini Respon Mengejutkan Mikel Arteta

Gilabola.com – Mikel Arteta beri tanggapan mengejutkan setelah ia dikabarkan akan menjadi pengganti Ronald Koeman di Barcelona.

Pelatih asal Spanyol menegaskan, hanya ingin fokus meraih sukses di Arsenal, walau dikabarkan akan jadi penerus Koeman di tim papan atas La Liga tersebut.

Barca rencananya akan lakukan pemilihan presiden baru pada 7 Maret. Seperti biasa, para kandidat pun berlomba mengungkapkan rencana masa depan klub itu jika mereka terpilih, salah satunya mengenai pelatih yang mereka inginkan.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Salah satu dari tiga kandidat itu, Joan Laporta, mengaku ingin memboyong Mikel Arteta untuk mengasuh Barca jika ia terpilih sebagai presiden Blaugrana. Hal itu disampaikan Laporta dalam sebuah wawancara di radio Catalan.

Arteta mengawali karirnya di dunia sepak bola dari akademi La Masia yangg ternama, sementara ia juga pernah menjadi asisten mantan pelatih Barca, Pep Guardiola, di Manchester City, sebelum menjadi pelatih kepala di Arsenal pada Desember 2019.

Namun, pada Rabu (3/3) pagi waktu setempat, Arteta mengabaikan sejumlah laporan yang mengaitkan dirinya dengan tugas berat di Barcelona yang saat ini diemban Koeman, dan menegaskan komitmennya di Arsenal yang juga pernah dibelanya saat masih menjadi pemain.

“Selalu ada spekulasi saat ada pemilihan (presiden) di Barcelona, maklum saja mereka tim besar,” tandas Mikel Arteta.

“Saya memang dibesarkan di sana sebagai pemain, dan saya akan selalu memiliki keterkaitan dengan mereka. Tapi, saya sepenuhnya fokus pada pekerjaan yang harus saya lakukan di sini, masih banyak yang harus kami lakukan, dan saya sangat menikmati karir saya di sini,” tegas pelatih 38 tahun itu, seperti dilansir Evening Standard.

“Hari ini, dan juga esok hari, saya tetap manajer Arsenal Football Club, dan saya sangat menikmati keberadaan saya di sini. Dan saya ingin meraih banyak hal yang lebih baik dibandingkan hasil yang sudah kami dapatkan saat ini,” tambahnya.

“Satu hal yang bisa saya katakan pada anda adalah, saya merasa terhormat mengenai klub sepak bola ini, dan karena itulah saya merasa benar-benar senang,” ujar Mikel Arteta.

Arteta yang jadi pelatih The Gunners pada bulan Desember 2019, juga sudah berhasil mempersembahkan trofi Piala FA di bulan Agustus tahun lalu.

Menyusul keberhasilannya tersebut, pelatih yang juga pernah menjadi pemain Everton itupun naik pangkat menjadi manajer, hingga peran dan pengaruhnya di Emirates makin berkembang.

Saat ini, Mikel Arteta masih memiliki sisa masa kontrak selama dua tahun. Namun, ia sudah ditanya wartawan apakah dia sudah lakukan pembicaraan kontrak baru dengan The Gunners.

“Belum, kami masih di pertengahann musim, kami punya jadwal padat yang harus kami siapkan dan saat ini hal tersebut bukan prioritas saya. Saya pikir, itu baik-baik saja, tidak masalah. Toh saya masih punya kontrak di sini. Yang penting saya senang di sini dan saya tak berpikir hal itu sebagai sesuatu yang mendesak,” tegas Arteta,

Arsenal jalani musim yang sulit saat ini, di mana tim London Utara itu melorot hingga ke peringkat 10 klasemen Liga Premier. Rencananya, Arteta dan skuadnya akan tandang ke Burnley pada akhir pekan ini.