Emiliano Sala Terbang Dengan Pilot Usia 60 Tahun

Pemain Cardiff City Emiliano Sala Ternyata Terbang Dengan Pilot Tua

Pemain Baru Cardiff City Emiliano Sala ternyata terbang dengan pilot tua. Pemain klub Liga Inggris tersebut hingga kini masih belum ditemukan keberadaannya dan perkembangan insiden ini masih menjadi sorotan.

Pilot yang menerbangkan pesawat yang membawa striker Cardiff City Emiliano Sala adalah seorang warganegara Inggris berusia 60 tahun, Dave Ibbotson. Ayah dengan tiga anak, dari North Lincolnshire, berada di kendali pesawat bermesin tunggal yang membawa striker seharga £ 15 juta dari Nantes.

Selain berusia sepuh, ternyata sang pilot juga sudah lama tidak menerbangkan pesawat lagi. Hal itu sempat disampaikan Sala melalui salah satu postingannya sebelum terbang. Pilot dan Sala saat ini dikhawatirkan tidak selamat.

Pesawat jenis Piper PA-46 Malibu diterbangkan oleh Ibbotson hilang pada Senin malam di dekat Kepulauan Channel dalam perjalanan ke Cardiff. Ibbotson, yang bekerja sebagai insinyur gas, diyakini memiliki pengalaman luas membawa penggemar parasut dalam penerbangan dari lapangan terbang pribadi.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Diduga dirinya telah disewa oleh perwakilan Sala untuk menerbangkan pesawat bermesin tunggal dengan pemain ke Cardiff setelah ia mengucapkan selamat tinggal kepada rekan setimnya di klub lamanya Nantes. Sempat ditangguhkan, pencarian pesawat kembali dilanjutkan, tetapi harapan untuk menemukan kedua orang itu semakin menipis.

Dipastikan jika pesawat kecil itu tidak dilengkapi dengan perekam penerbangan, menurut regulator penerbangan Inggris. Disebutkan jika kotak hitam yang merekam data penerbangan dan audio kokpit adalah wajib di dalam pesawat terbang dan jet bisnis, dan merupakan alat penting bagi penyelidik kecelakaan.

Meski begitu alat ini tidak wajib untuk pesawat ringan seperti pesawat Piper Malibu yang terdaftar di AS yang hilang di Selat pada Senin malam. Berat dari perekam adalah salah satu alasan mengapa mereka biasanya tidak digunakan oleh produsen pesawat ringan.

Tapi itu adalah persyaratan hukum bagi pesawat Eropa untuk membawa pemancar darurat untuk membantu operasi pencarian dan penyelamatan. Cabang Investigasi Kecelakaan Udara Inggris (AAIB) mengatakan jika mereka masih menyelidiki hilangnya pesawat dan bekerja sama dengan pihak berwenang di AS, Prancis dan Argentina.

Seorang juru bicara AAIB mengatakan: “Kami akan mengumpulkan semua bukti yang tersedia untuk melakukan penyelidikan menyeluruh. Meski begitu, jika pesawat tidak ditemukan kemungkinan akan membatasi ruang lingkup penyelidikan.”

Pemain Baru Cardiff City Emiliano Sala terbang diatur oleh agen sepakbola

Sementara itu, Cardiff telah mengkonfirmasi jika klub tidak mengatur penerbangan pribadi. Belakangan, agen sepakbola Mark McKay mengungkapkan jika dirinya adalah orang yang memesan penerbangan tersebut.

McKay, yang terlibat dalam kesepakatan untuk membawa Sala ke Cardiff, merilis pernyataan kepada Sky Sports News, mengatakan:

“Saya dapat mengkonfirmasikan bahwa ketika Emiliano membuat diri saya dan agennya Meissa N’Diaye sadar bahwa dia ingin melakukan perjalanan kembali ke Nantes setelah menjalani pemeriksaan medis dan penandatanganan pada hari Jumat, saya mulai melihat ke dalam mengatur penerbangan pribadi untuk membawanya ke Nantes pada Sabtu pagi.”

“Malam itu, dipastikan sebuah pesawat tersedia untuk menerbangkan Emiliano pada hari Sabtu yang dapat tetap di Nantes sampai ia akan kembali ke Cardiff. Saya telah melakukan kontak dengan para pejabat dari Cardiff City FC dan agen pemain selama beberapa hari terakhir yang sulit ini dan akan terus melakukannya.”

“Saya ingin menjelaskan bahwa meskipun ada laporan media hari ini, pesawat yang terlibat dalam episode mengerikan ini tidak dimiliki dengan cara atau bagian apa pun oleh diri saya sendiri atau anggota keluarga saya. Saya telah memilih untuk menunggu beberapa hari sebelum membuat pernyataan sehingga fokus tetap pada upaya tim pencari dan penyelamat mencari Emiliano Sala dan pilot pesawat yang hilang.”

“Bersama dengan semua orang di dunia sepak bola, saya ingin mengungkapkan kesedihan saya dan keluarga saya sehubungan dengan peristiwa tragis yang telah terjadi sejak Senin malam. Keluarga baik Emiliano dan pilot adalah yang terbaik dalam pikiran dan doa kami. Saya mengenal Emiliano dengan baik, dia adalah orang yang luar biasa dan saya menganggap diri saya beruntung telah mengenalnya.”