Enam Hal yang Harus Diselesaikan Solskjaer di Man Utd Jelang Musim Baru 2021/2022

Gilabola.com – Manajer Ole Gunnar Solskjaer telah kembali ke Carrington untuk persiapan pramusim timnya dan dia memiliki banyak hal yang harus diselesaikan saat dia masih berusaha mengejar trofi pertamanya untuk Manchester United.

Finish sebagai runner up musim lalu di Premier League masih jauh dari memuaskan, karena mereka juga kalah di final Liga Europa dan membuat Ole Gunnar Solskjaer masih belum bisa mempersembahkan satu pun trofi sejak mengambil alih pekerjaan di Old Trafford pada Desember 2018.

Kini di musim 2021/2022, seperti kata Wayne Rooney, bahwa manajer Norwegia akan semakin memiliki tekanan besar untuk mempersembahkan gelar dan untuk melakukannya, dia harus menyelesaikan enam isu di skuadnya berikut ini :

Advertisement

Pertama, siapa kiper utama United?

Sementara Sergio Romero dilepas dengan bebas transfer, Manchester United kemudian menerima Tom Heaton secara agen bebas dari Villa dan kini mereka memiliki pilihan penjaga gawang terbaik di dunia dengan David De Gea dan Dean Henderson juga tersedia.

Tom Heaton sudah menegaskan bahwa dia kembali ke Old Trafford untuk mendapatkan tempat di starting XI, sementara David de Gea rela memotong waktu liburnya untuk merebut kembali tempatnya di skuad utama yang direbut Dean Henderson di paruh kedua musim lalu.

Ole Gunnar Solskjaer kini harus dengan cermat mempertimbangkan opsinya. David de Gea tampak sudah lewat masa jayanya, Dean Henderson sebenarnya tidak benar-benar memanfaatkan kesempatannya, dan Tom Heaton kini datang tanpa membawa beban dari musim lalu.

Kedua, kuartet ideal di lini belakang

Ole Gunnar Solskjaer sudah punya bek kiri terbaik Inggris Luke Shaw, sementara Aaron Wan-Bissaka sangat solid di belakang tapi kurang bagus dalam distribusi bola menyerang. Untuk itulah kini Manchester United mengejar Kieran Trippier.

Di jantung pertahanan, Victor Lindelof atau Eric Bailly tidak benar-benar meyakinkan saat turun sebagai tandem Harry Maguire. Sekarang Ole Gunnar Solskjaer akan berharap bahwa Raphael Varane bisa tiba dari Real Madrid dan memberinya solusi di bek tengah timnya yang belum terselesaikan.

Ketiga, masalah Paul Pogba

Sejauh ini baik Jose Mourinho maupun Ole Gunnar Solskjaer belum benar-benar mampu mengeluarkan yang terbaik dari Paul Pogba secara konsisten di Old Trafford sebagaimana yang ditunjukkan sang gelandang ketika masih di Juventus, atau ketika membela timnas Prancis. Ini tugas lain yang harus dituntaskan manajer Norwegia.

Sayangnya bahwa dengan hanya satu tahun tersisa di kontrak Paul Pogba, Ole Gunnar Solskjaer memiliki masalah lain untuk dibereskan pada masalah gelandang Les Bleus ini apakah dia akan berkomitmen pada kontrak baru atau untuk dijual. Situasinya bisa mengganggu skuad secara keseluruhan dan bisa jadi minat United pada Saul Niguez salah satunya adalah untuk mengantisipasi masalah pada masa depan gelandang berusia 28 tahun itu.

Keempat, menghilangnya Bruno Fernandes

Statistiknya luar biasa sejak bergabung dengan United, dengan 40 gol dan 25 assist dari 80 penampilan. Tapi fans Setan Merah juga tidak akan terkejut saat Bruno Fernendes menghilang perannya selama Euro 2020 untuk Portugal.

Saat pertandingan berjalan tak sesuai harapannya, gelandang 26 tahun itu mudah gusar dan merajuk. Akibatnya dia sering tampak menghilang khususnya di setiap laga besar Manchester United, membuat tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer jarang sekali menang saat melawan sesama tim besar lainnya. Masa depan Paul Pogba dan skuad yang lebih mumpuni mungkin akan membantu Bruno Fernandes bisa lebih fokus lagi dalam permainannya.

Kelima, mengatasi tanpa Rashford

Saat berada dalam kondisi 100 persen fit, Marcus Rashford hampir dipastikan akan menjadi pilihan utama bagi Manchester United. Bahkan dia tetap bermain sambil menahan cedera bahunya di sepanjang musim 2020/2021 lalu.

Sayangnya United belum mengambil keputusan soal apakah Marcus Rashford perlu mengambil tindakan operasi atau tidak yang bisa membuatnya absen dalam dua atau tiga bulan. Jadon Sancho dan Daniel James bisa dimainkan di sayap kanan, tapi Ole Gunnar Solskjaer akan berharap Anthony Martial yang bisa bangkit dari kebugaran dan performa buruknya untuk bisa mengambil peran tersebut.

Keenam, perbaiki rekor kandang

Penampilan United di Old Trafford di liga musim lalu bisa dibilang cukup menyedihkan karena mereka kehilangan 26 poin, hanya memenangkan sembilan dari 19 pertandingan mereka. Di dua musim sebelumnya secara beruntun, mereka hanya menang 10 kali dari 19 laga kandang.

Tanpa 75.000 fans yang biasanya memadati stadion memang membuat Old Trafford menjadi tempat yang tidak terlalu menakutkan. Tapi itu tak bisa terus-terusan menjadi alibi bagi Ole Gunnar Solskjaer untuk hasil buruk kandang timnya. Apalagi jika nanti fans sudah diperbolehkan kembali ke stadion, maka United harus benar-benar bisa memanfaatkan keunggulan kandang mereka yang bisa sangat penting dalam perburuan gelar musim depan.