Everton vs Chelsea 3-1, Kekalahan Kelima Frank Lampard

Everton vs Chelsea 3-1, Kekalahan Kelima Frank Lampard

Everton vs Chelsea usai 3-1 pada Sabtu (7/12) malam yang merupakan kekalahan kelima Frank Lampard dari 16 pertandingan pertamanya di Liga Inggris.

Chelsea tertahan di urutan keempat klasemen Liga Inggris dengan jumlah poin 29 setelah kalah 3-1 oleh tuan rumah Everton pada laga Sabtu malam di Goodison Park. Para pendukung tampak sangat antusias melihat penampilan segar timnya di bawah asuhan pelatih sementara Duncan Ferguson.

Skor 3-1 itu sama sekali tidak mencerminkan jalannya pertandingan karena Chelsea sebenarnya luar biasa dominan pada laga ini, menguasai si bundar sampai mendekati 75% sepanjang 90 menit permainan, namun hanya mampu melepaskan dua tembakan on target dengan satu di antaranya menjadi gol. Sisanya enam percobaan serangan yang gagal mencapai target. Bandingkanlah itu dengan pasukan The Toffees yang hanya disisakan dominasi bola 27% namun mereka mampu mencatatkan lima shots on target dan lima serangan lainnya meleset.

Pemain muda Brasil Richarlison membawa Everton unggul lebih dulu pada menit kelima. Ia mengirim bola melebar ke kanan ke arah Djibril Sidibe, yang kemudian mengirimkan umpan lambung ke depan gawang dan disundul pemain berusia 22 tahun itu menjadi gol pertama The Toffees. Skor 1-0 ini bertahan sampai akhir babak pertama.

Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Saat paruh kedua pertandingan di Goodison Park ini baru berjalan empat menit, Dominic Calvert-Lewin yang juga masih berusia 22 tahun menambahkan gol kedua tuan rumah. Ia menyelinap di antara  Andreas Christensen dan Kurt Zouma untuk menyambar bola liar yang tak bisa dikendalikan dua pemain belakang The Blues tersebut dan menjauhkan jarak menjadi 2-0.

Beruntung hanya berselang tiga menit saja Mateo Kovacic – yang tangannya pegal-pegal sehabis diremas oleh John Terry beberapa hari lalu – berhasil menipiskan skor menjadi 2-1. Ia melepaskan tendangan keras dari hasil menyambar bola liar di depan gawang Jordan Pickford.

Tapi saat semua orang mengira bahwa pertandingan Sabtu malam di Goodison Park ini usai dengan skor 2-1, pemain muda jebolan akademi junior Sheffield United, Dominic Calvert-Lewin, menambahkan satu gol lagi untuk Everton. Skor 3-1!

Tidak ada gol lagi. Everton vs Chelsea usai 3-1 dan dengan hasil ini klub biru kota Liverpool itu berhasil merangkak keluar dari zona degradasi, naik ke posisi ke-14 di klasemen Liga Inggris dengan perolehan 17 poin. Masih jauh dari kata aman tapi merupakan awal karir yang baik untuk Duncan Ferguson, sang pelatih interim The Toffees.

Pada sisi lain ini merupakan kekalahan kelima Frank Lampard sejak mengambil alih kamar ganti Chelsea. Dengan 29 poin, The Blues masih jauh dari jangkauan Wolves yang memiliki 23 poin di bawahnya

Starting XI Everton vs Chelsea

Everton : Pickford, Sidibe, Holgate, Keane, Digne, Walcott, Schneiderlin, Sigurdsson, Iwobi, Richarlison, Calvert-Lewin. Cadangan: Baines, Tosun, Bernard, Stekelenburg, Davies, Kean, Niasse.

Chelsea : Arrizabalaga, James, Christensen, Zouma, Azpilicueta, Kante, Kovacic, Willian, Mount, Pulisic, Abraham. Cadangan: Jorginho, Barkley, Caballero, Hudson-Odoi, Batshuayi, Tomori, Emerson Palmieri.