Fans Diperbolehkan Masuk Stadion Lagi di Laga Pamungkas Liga Inggris Musim Ini

Gilabola.com – Kerinduan para pesepak bola untuk bermain di stadion penuh gemuruh suara dan dukungan para fans di tribun penonton bisa terobati pada laga penutupan Premier League musim 2020/2021 ini.

Premier League akan membuka kembali kehadiran para fans yang sudah tidak sabar untuk memenuhi stadion, dengan perdana menteri Boris Johnson telah mengonfirmasi bahwa stadion akan dibuka kembali untuk para fans pada akhir kompetisi setelah ditutup sejak Desember.

Pertandingan putaran terakhir Premier League, yang akan dimainkan pada hari Minggu 23 Mei 2021 waktu setempat, dapat dihadiri hingga 10.000 pendukung atau 25 persen kapasitas stadion.

Advertisement
K9Win
K9Win

Sebenarnya sejumlah kecil fans sempat diizinkan kembali ke lapangan pada bulan Desember, yakni dua ribu penonton yang diperbolehkan masuk ke tribun, tetapi setelah lonjakan tajam kasus virus korona di Inggris, pertandingan terpaksa ditutup kembali.

Tapi sekarang ada harapan, meski di hari terakhir musim Liga Inggris. Jumlah kasus belakangan memang mulai menunjukkan grafik menurun sejak awal Januari lalu, meski jumlahnya masih cukup tinggi. Titik tertinggi kasus terjadi pada 8 Januari lalu dengan laporan menyebutkan adanya 68 ribu kasus baru, tapi per tanggal 22 Ferbuari sudah menurun jauh tinggal 10 ribuan kasus.

PM Boris Johnson mengatakan kepada House of Commons, “Pintu masuk stadion akan kami buka sekali lagi untuk fans, dengan tetap mengedepankan batas kapasitas tergantung pada ukuran tempat atau stadion yang bersangkutan.” PM itu juga berjanji untuk ‘menginjak rem’ jika ada lonjakan kasus covid lagi.

Kepala eksekutif liga Richard Masters sebelumnya mengatakan bahwa dampak ekonomi dari tidak diperbolehkannya para fans untuk masuk ke stadion telah sangat berpengaruh secara signifikan dan sulit untuk bisa diterima, dengan banyak klub yang memang mengalami kendala finansial sejak pandemi ini.

Berita tersebut juga membuka prospek kehadiran para fans di stadion untuk tujuh pertandingan Euro 2020 yang akan dimainkan di Wembley serta Wimbledon, dengan kejuaraan Eropa ini akan digelar pada musim panas tahun ini usai ditunda penyelenggaraannya di tahun lalu.