Granit Xhaka Bukukan Rekor Penalti di Arsenal

Granit Xhaka Bukukan Rekor Penalti di Arsenal

Gilabola.com – Permainan kasar Granit Xhaka di Arsenal membuat pemain itu paling banyak membuat klubnya kebobolan penalti dibandingkan pemain lain di Liga Inggris.

Untuk ke empat kalinya, gelandang Arsenal asal Swiss itu ‘berikan’ tim lawan hadiah penalti di laga melawan Brighton, Minggu (5/5). Saat itu the Gunners telah memimpin 1-0 dan tengah mengejar posisi empat besar.

Akibatnya, hasil imbang 1-1 membuat the Gunners GAGAL mengejar posisi empat besar untuk tiga musim berturut-turut. Gol penalti Glenn Murray di menit 61 gagalkan keunggulan Arsenal, juga memimpin lewat gol penalti, yang dibukukan Pierre-Emerick Aubameyang saat laga baru berjalan sembilan menit.

Xhaka gabung the Gunners pada musim panas 2016 dari Borussia Monchengladbach, dan telah memproduksi penampilan yang naik-turun. Walau dia sempat bukukan gol ajaib yang indah, tapi juga sangat rentan untuk lini belakang karena berbagai aksinya yang tanpa alasan di area terlarang.

Pernah Akhiri Rekor Tak Pernah Kalah The Gunners

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Pada awal Oktober di musim ini, dia juga dinyatakan bersalah karena menebas Wilfried Zaha hingga terjatuh di akhir laga yang digelar di Crystal Palace. Saat itu, Arsenal juga sudah memimpin 2-1 sebelum akhirnya Luka Milivojevic berhasil samakan kedudukan dan skuad Unai Emery harus akhiri catatan tak pernah kalah dalam 10 pertandingan beruntun.

Lalu pada Januari 2017, pelatih lama the Gunners Arsene Wenger sempat memperingatkan Xhaka agar tidak terus-menerus memberi lawan hadiah penalti. Ini terjadi setelah Xhaka ‘menghadiahkan’ eksekusi penalti kepada Bournemouth, hingga Ryan Fraser samakan kedudukan menjadi 3-3.

Itu terjadi hanya satu bulan setelah Xhaka menyikut pemain Stoke City, Joe Allen, di kotak penalti saat the Gunners menang 3-1. Ini jadi tendangan penalti pertama yang diberikan Xhaka untuk tim lawan the Gunners.

Hanya pemain Portugal, Jose Fonte, yang kalahkan rekor Xhaka tersebut. Pemain belakang itu kebobolan lima penalti dengan dua klub, yakni Southampton dan West Ham United. Sementara mantan bek Swansea City dan Newcastle United, Federico Fernandez, juga telah berikan empat penalti untuk tim lawan.