Guardiola Kesulitan Beri Kesempatan Bagi Para Pemain Muda

Guardiola Kesulitan Beri Kesempatan Bagi Para Pemain Muda

Pep Guardiola mengaku kesulitan beri kesempatan bagi para pemain muda jebolan akademi untuk turun bermain karena tingginya harapan publik Etihad terhadap skuad Manchester City.

Pendukung The Skyblues selalu berharap kemenangan bagi sang juara dua kali Liga Inggris itu. Tekanan seperti itu membuat Guardiola kesulitan untuk memberi kesempatan bermain bagi para pemain muda.

Sang juara bertahan Liga Inggris ini tertinggal 17 poin dari Liverpool di papan klasemen sementara, dengan tersisa 17 laga lagi untuk kedua kesebelasan sampai akhir musim.

Di Piala FA, City akan melakoni putaran keempat melawan Fulham, dan unggul satu pertemuan kontra Manchester United untuk babak semi-final Piala Liga (EFL Cup), serta bersua Real Madrid di babak 16 besar Liga Champions.

Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Dengan jadwal dan ketatnya empat kompetisi yang dilakoni Manchester City, Pep Guardiola mengakui kesulitan untuk mengorbitkan bintang-bintang muda. Padahal sampai saat ini City sudah memberikan tempat reguler untuk Phil Foden, dengan Eric Garcia, Taylor Harwood-Bellis dan Tommy Doyle disebut-sebut bakal memiliki masa depan yang cerah di Etihad.

“Saya ingin membantu para pemain muda di sini tapi klub ini memiliki tuntutan yang sangat tinggi. Anda harus memenangi setiap laga. Malahan empat titel juara tidak akan cukup di sini, dan itu lah kenyataannya,” ucap pria berpaspor Spanyol ini. “Kami memenangi empat titel juara musim lalu dan itu tidak cukup sebab kami tidak memenangi Liga Champions.”

“Itu lah kenyataannya dan para pemain muda harus bersaing melawan bek-bek dan gelandang-gelandang yang luar biasa. Ini realitas yang keras sampai-sampai pemain luar biasa seperti Phil Foden tidak mendapatkan menit bermain lebih dari yang seharusnya karena City mempunyai pemain-pemain luar biasa lainnya.”

Ternyata Guardiola memang ingin mengenalkan dan membiasakan para pemain muda dengan kompetisi yang ketat agar tidak perlu melakukan pembelian di kemudian hari, seperti yang terjadi pada Phil Foden dan David Silva.

“Phil pemain yang luar biasa tapi masih banyak yang harus dikembangkan. Terkadang membutuhkan waktu untuk mengetahui dengan pasti apa yang harus ia lakukan. Anda harus bersabar,” tambahnya.

“Namun David [Silva] akan hengkang pada akhir musim nanti dan kami tidak akan melakukan pembelian untuk posisinya sebab City telah memiliki Phil. Kami mempercayai Phil. Jika kami tidak mempercayainya, maka kami akan mencari pemain sebagai pengganti David, tapi kami telah diperkuat Phil.”

Manchester City akan bertanding nanti malam di kandang Aston Villa FC. Sebuah kemenangan akan membawa pasukan The Skyblues naik ke posisi kedua klasemen setelah Leicester City kalah dari Southampton tadi malam. Dan tim tamu diprediksi akan meraih tiga poin.