Hadapi Newcastle United, Sam Allardyce: Penentuan Bagi Leeds United

Gila BolaLeeds United sedang tidak baik-baik saja. Namun Sam Allardyce meyakini kemenangan lawan Newcastle United membuka peluang timnya tetap bertahan di Liga Inggris.

Setelah mendepak Javi Garcia dari kursi pelatih, Leeds United menunjuk Sam Allardyce di empat pertandingan tersisa Liga Inggris. Satu laga sudah dilewati dan hasilnya menelan kekalahan 2-1 melawan Manchester City.

Kini Sam Allardyce tinggal punya tiga pertandingan tersisa untuk menyelamatkan Leeds United dari degradasi Liga Inggris 2022/23. Sedangkan laga berikutnya bersua Newcastle United. Duel kedua tim bakal berlangsung di Elland Road, Sabtu (14/5) malam WIB.

Dua tim sama-sama membutuhkan kemenangan. Leeds United butuh menang agar tak terdegradasi dari kasta tertinggi sepak bola Inggris, sementara Newcastle United inginkan tiga poin agar mereka musim depan bermain di Liga Champions.

Kemenangan Buka Peluang Bertahan untuk Leeds United

Menjelang pertandingan melawan Newcastle United, Sam Allardyce menilai pertandingan ini sebagai laga penentuan. Pasalnya kemenangan menjaga kans tim berjuluk The Whites bertahan di Liga Inggris.

Dikutip dari Sportsmax, Sam Allardyce mengatakan dalam laga ini Leeds United tak boleh kalah. Ia menyebutkan tiga poin peluang bertahan di Liga Inggris sebesar 50 persen. Menurutnya, The Whites butuh sembilan sampai enam poin untuk bertahan. Maka dari itu, ia mendorong anak asuhnya berjuang sampai akhir lawan Tottenham.

Sekedar informasi, Leeds United sekarang berada di posisi 19 klasemen Liga Inggris. Dari 35 laga, The Whites baru menangkan 7 pertandingan.

Sam Allardyce Ogah Balas Dendam ke Newcastle

Sam Allardyce jelas mengenal Newcastle United. Pasalnya ia pernah menangani tim berjuluk The Magpies. Sayangya, di tahun 2008 ia dipecatak setelah hanya 8 bulan memoles tim.

Meski demikian, Sam Allardyce tegaskan tidak akan termotivasi berlebihan saat bersua Newcastle. Menurutnya, itu sudah lama dan ia akui memang kecewa saat itu. Namun ia tegaskan pelatih yang selalu move on.

Sebaliknya, pelatih Leeds United kaget dengan adanya perubahan kepemilikan klub Newcastle United. Sam Allardyce menyebutkan saat latih The Magpies ingin membawa mereka bersaing, yang seperti sekarang ditangani oleh Eddie Howe.

Data dan Fakta

Dalam lima pertandingan terakhir Liga Inggris 2022/23, Leeds United belum meraih kemenangan. Tiga poin terakhir diraih saat hadapi Nottingham Forest dengan skor 2-1. Sedangkan Newcastle United mampu menang tiga laga dan kalah dua pertandingan.

Pertemuan kedua tim di lima laga terahir Liga Inggris berpihak untuk Leeds United. Rinciannya, menang dua, imbang dua, dan satu laga dimenangkan Newcastle.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!