Hanya Dua Pemain Manchester City di Kesebelasan Terbaik Liga Inggris Pekan Ini

Gilabola.com – Manchester City seolah mengakhiri harapan gelar Liverpool musim ini usai mempermalukan juara bertahan tersebut dengan skor 4-1 dalam laga lanjutan Premier League di Anfield pada Minggu (7/2) WIB, memberi tiga kekalahan tandang beruntun bagi The Reds.

Pasukan Pep Guardiola tampil superior memang di Merseyside, kendati juga dibantu oleh dua blunder Alisson Becker, dengan dua gol dari Ilkay Gundogan, Raheem Sterling, dan Phil Foden membuat gol penalti Mohamed Salah bagi tuan rumah sia-sia. Menariknya bahwa gelandang Jerman tak masuk tim terbaik pekan ini meski mencetak brace.

Sebelumnya di awal pekan ini, Aston Villa berhasil mengalahkan Arsenal dengan skor tipis 1-0 di Villa Park pada Sabtu (6/2) malam, membuat Emiliano Martinez dua kali clean sheet melawan mantan klubnya yang di pertemuan pertama musim ini di Emirates, The Villains menang 3-0.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Manchester United, sementara itu, melewatkan keunggulan 2-0 mereka di babak pertama untuk akhirnya berbagi poin dalam skor imbang 3-3 kontra Everton gara-gara gol menit akhir masa injury time dari Dominic Calvert-Lewin, hasil yang membuat mereka semakin tertinggal dari perburuan gelar.

Tottenham Hotspur asuhan Jose Mourinho berhasil mengakhiri tiga kekalahan beruntun dengan kemenangan 2-0 atas West Brom, sementara chelsea memetik kemenangan ketiga mereka di bawah asuhan bos baru Thomas Tuchel usai kemenangan 2-1 di kandang Sheffield.

Berikut starting XI terbaik Liga Inggris pekan ini menurut rating dari whoscored :

  • Emiliano Martinez (GK/Villa) – 7,8 – melakukan penyelamatan luar biasa dari tembakan bebas Xhaka, melakukan tiga penyelamatan untuk menjaga gawangnya tetap clean sheet di dua pertemuan melawan Arsenal musim ini.
  • Matt Target (LB/Villa) – 7,8 – sangat sibuk dalam mengawal pertahanan timnya, memenangi lima duel udara, lima tekel, dan empat sapuan.
  • Lewis Dunk (CB/Brighton) – 7,6 – mencetak gol pembuka dalam laga imbang Burnley 1-1 Brighton lewat tandukan dari sepak pojok Gross. Tangguh dengan memenangi empat duel udara.
  • Liam Cooper (CB/Leeds) – 7,6 – menjadi pemain dengan jumlah sentuhan terbanyak (118), dan sangat sibuk menjaga pertahanan timnya tetap clean sheet, memenangkan empat duel udara dan lima tekel.
  • Luke Ayling (RB/Leeds) – 7,6 – tampil sangat agresif di sisi kanan serangan Leeds, sementara dia juga membuat Aanholt tak berdaya untuk melakukan serangan di sisi kiri serangan Palace.
  • Pierre-Emile Hojbjerg (CM/Spurs) – 8,4 – saat semua serangan timnya di babak pertama buntu, Hojbjerg kemudian dengan cerdik melihat pergerakan Kane dan mengirim bola ke belakang pertahanan West Brom untuk memudahkan kapten tim membuka skor.
  • Joe Willock (AM/Newcastle) – 8,2 – dengan cepat mencari tempat saat melihat Saint-Maximin berlari di sisi kiri, dengan kejam menyelesaikan umpan rekannya itu untuk  membuka skor bagi kemenangan 3-2 timnya atas Southampton.
  • Raheem Sterling (LM/City) – 9,2 – benar-benar memperlakukan Trent, berkali-kali membuat bek Liverpool itu bak pemain amatiran, membuatnya memenangi penalti pada pelanggaran Fabinho, rebound tembakannya menghasilkan gol pembuka Gundogan, dan kemudian mencetak gol ketiga timnya lewat sundulan dari umpan Silva.
  • Johann Gudmundsson (RM/Burnley) – 7,6 – mencetak gol penyeimbang bagi timnya dalam laga imbang melawan Brighton usai menyambut bola muntah tepisan Robert Sanchez dan mengirim tembakan mendatar ke gawang The Seagulls.
  • Phil Foden (ST/City) – 9,3 – mencetak gol luar biasa untuk gol keempat City, menghancurkan Robertson saat dia dipindah ke sisi kiri serangan, selain juga mengemas assist untuk gol kedua Gundogan.
  • Allan Saint-Maximin (ST/Newcastle) – 9,0 – ancaman nyata di sisi kiri serangan Newcastle, dengan kecepatan dan akselerasinya menghasilkan assist untuk gol pembuka Willock, sebelum dia mengamankan assist kedua untuk gol pertama Almiron.