Hasil Brighton vs Liverpool, Mohamed Salah Selamatkan Tiga Poin!

Hasil Brighton vs Liverpool, Mohamed Salah Selamatkan Tiga Poin!

Hasil pertandingan Brighton vs Liverpool pada pekan 22 Liga Inggris, Sabtu malam di Amex Stadium, usai dengan skor 0-1. Mohamed Salah berjasa selamatkan The Reds dan menduduki top skor bersama Premier League dengan 14 gol.

Sampai dengan akhir babak pertama muncul kesan Liverpool gagal bangkit dari kedua kekalahannya sebelum ini. Mereka bahkan gagal mencatatkan satu pun tembakan tepat sasaran selama 45 menit pertama. Beruntung ada Mohamed Salah.

Gol pemain Mesir ini berasal dari tendangan penalti di menit 50 babak kedua. Selang semenit sebelumnya, dalam satu aksi individual belok sana dan sini, Mohamed Salah ditarik jatuh oleh Pascal Gross. Wasit Kevin Friend tanpa ragu menunjuk titik putih. Kiper David Button sebenarnya tidak salah dalam menebak arah bola Salah, tapi salah memperkirakan kecepatan bola. Gol untuk Liverpool.

Gol Mohamed Salah tadi menyebabkan striker Mesir tadi mengoleksi 14 gol, sama banyaknya dengan perolehan Harry Kane dan Pierre-Emerick Aubameyang. Striker Gabon itu sudah tak mungkin menambah golnya di matchday 22 karena Arsenal kalah 1-0 di tangan West Ham United, beberapa jam lalu Sabtu (12/1) malam. Harry Kane masih bisa menambahkan golnya pada laga melawan Manchester United, Minggu (13/1) malam.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Jika skor 0-1 ini bertahan sampai akhir maka Liverpool akan menjauh tujuh poin di puncak klasemen Liga Inggris, setidaknya secara sementara sampai Manchester City menjamu Wolverhampton, Selasa dinihari.

Babak pertama itu sendiri usai dengan skor 0-0. Liverpool seperti biasa mendominasi bola sampai di atas 71% tapi gagal mencatatkan satu pun shot on goal. Hanya ada dua peluang nyaris gol, satu melalui Xherdan Shaqiri yang tandukannya meleset di sisi gawang dan sekali melalui Robrto Firmino yang gagal menyambar bola dari jarak dekat.

Apa yang mencolok dari permainan sepanjang babak pertama adalah Trent Alexander-Arnold dan Andy Robertson jarang naik ke atas. Mereka sepertinya diperintahkan oleh Jurgen Klopp untuk jangan jauh-jauh dari lini belakangnya, takut kebobolan lagi dan kalah lagi seperti terjadi pada dua laga terkininya, keduanya dengan skor 2-1, di tangan Manchester City dan Wolverhampton.

Mendekati menit-menit akhir barulah Brighton bermain lebih terbuka untuk mencari gol penyama kedudukan dan sebagai akibatnya Liverpool mencatatkan tiga tembakan tepat sasaran, selain lima off target. The Reds terlihat sangat kuat pada laga di Amex Stadium ini, dengan tak satu pun tembakan on target terarah ke gawang Alisson Becker. Hanya lima percobaan dan lima-limanya melenceng dari sasaran.

Menit 81 sebenarnya hampir saja Giorginio Wijnaldum menambahkan satu gol lagi bagi Liverpool. Tapi apa yang terjadi? Umpan dari Mohamed Salah disambarnya tapi bola melenceng di sisi gawang. Setelah itu selang dua menit dari waktu akhir, satu umpan pendek dari James Milner sampai ke Salah tapi striker Mesir itu gagal mengubah serangan menjadi gol dalam jarak enam meter saja!

Pertandingan Brighton vs Liverpool akhirnya ditutup dengan skor akhir 0-1. Dengan hasil ini The Reds menjauh tujuh poin dari Manchester City di puncak klasemen Liga Inggris. Sementara Brighton masih berada di urutan 13.

Susunan pemain

BRIGHTON : David Button; Martin Montoya, Shane Duffy, Lewis Dunk, Gaetan Bong; Solly March, Pascal Gross, Dale Stephens, Davy Propper, Jurgen Locadia; Glenn Murray. Cadangan: Bruno, Beram Kayal, Florin Andone, Anthony Knockaert, Leon Balogun, Jason Steele, Max Sanders.

LIVERPOOL : Alisson; Trent Alexander-Arnold, Fabinho, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum; Xherdan Shaqiri, Roberto Firmino, Sadio Mane; Mohamed Salah. Cadangan: James Milner, Naby Keita, Alberto Moreno, Simon Mignolet, Divock Origi, Joel Matip, Rafael Camacho.