Hasil Liga Inggris: Chelsea Sudah 11 Laga Tak Terkalahkan di Bawah Tuchel, Termasuk Everton Tadi Malam

Gila Bola – Chelsea mungkin sudah menemukan pelatih yang pas dalam diri Thomas Tuchel setelah mereka menang 2-0 atas Everton pada laga Liga Inggris, Selasa dinihari 9 Maret 2021, menjadi 11 pertandingan tak terkalahkan di semua kompetisi, sembilan di antaranya di ajang Premier League.

Satu gol bunuh diri Ben Godfrey, yang berasal dari sepakan Kai Havertz, dan satu gol tendangan penalti Jorginho (yang juga diperoleh oleh Havertz), sudah cukup untuk memberi Chelsea dua gol penting, melanjutkan 11 rangkaian tak terkalahkan mereka sejak Thomas Tuchel datang dan mengambil alih kursi panas di Stamford Bridge pada 26 Januari 2021.

The Blues sebenarnya bisa menang dengan tiga gol kalau saja serangan Havertz menit 54 tidak didahului pelanggaran. Pemain Jerman 21 tahun itu, saking kepengennya bikin gol, menahan si bundar dengan lengan kirinya sebelum menembak ke gawang Jordan Pickford. Ya, ketahuan lah. Dia pikir kamera televisi telat mengambil gambarnya mengendalikan bola dengan tangan.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Tapi nama Kai Havertz akan menjadi buah bibir pertandingan Chelsea vs Everton ini karena jasanya dalam membelokkan sepakan dari Marcos Alonso ke gawang the Toffees menjadi awal dari gol pertama, sekali pun bola mengecoh kiper Pickford karena terkena kaku Ben Godfrey.  Selain itu bekas pemain Bayer Leverkusen itu juga menjadi awal dari sepakan penalti Jorginho pada menit 65 setelah ditumbangkan satu pemain Everton di sisi kanan kotak.

Pertandingan sepenuhnya berjalan di bawah kendali anak-anak Tuchel, dengan dominasi bola dikuasai The Blues (67:33), demikian juga percobaan serangan (15:6), tembakan tepat sasaran ke gawang lawan (6:1), dan serangan off target (5:3). Satu-satunya hal yang mencegah Everton kebobolan lebih banyak gol adalah aksi penyelamatan Jordan Pickford sebanyak empat kali selama 90 menit.

Pertahanan Chelsea membaik sangat di bawah petunjuk dari mantan pelatih PSG dan Borussia Dortmund tersebut. Mereka hanya kebobolan dua gol sejak sejak kedatangan Tuchel pada akhir Januari 2021. Tapi mereka juga belum pernah mencetak lebih dari dua gol dalam satu pertandingan di bawah asuhan sang manajer Jerman. Faktanya adalah, hanya empat laga berakhir dengan dua gol oleh skuad The Blues, yakni kemenangan atas Burnley (31 Januari), kemenangan 1-2 di Sheffield (8 Februari), kemenangan 2-0 atas Newcastle United (16 Februari) dan laga tadi malam menjamu the Toffees.